Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Jebol di Perumahan Pondok Permai Selebar 30 Meter

Kompas.com - 19/01/2013, 14:35 WIB
Sandro Gatra

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Tanggul sungai yang melintasi Perumahan Pondok Permai, Jati Rasa, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, jebol selebar sekitar 30 meter. Akibatnya, aliran air sungai yang berasal dari Cileungsi dan Cikeas mengalir deras ke perumahan.

Sebagai gambaran, tinggi tanggul itu sekitar tiga meter dengan lebar sekitar 1,2 meter. Tanggul itu yang melindungi warga di tiga RW, yakni RW 8, 9, dan RW 10. Setidaknya, ada 1.600 keluarga menempati perumahan itu.

Tanggul yang jebol berada di RT 2/RW 8. Menurut Lasmin (49), salah satu warga RT 2, tanggul jebol pada Jumat (18/1/2013) pukul 8.00 WIB. "Awalnya luber dulu airnya pukul 07.00 pagi. Terus jebol," kata dia.

Derasnya air langsung merusak dua rumah yang berdiri tepat di samping tanggul. Salah satunya rusak parah. Air lalu menggenangi perumahan hingga mencapai tiga meter.

Lasmin mengaku kecewa dengan kualitas tanggul. Tanggul yang melintasi perumahan sudah berkali-kali diperbaiki sejak kompleks itu dibangun pada 1989. Terakhir, kata dia, di papan renovasi tertulis lapisan cor setebal 15 cm.

"Liat aja tuh berapa tebalnya. Paling 5 cm. Kita enggak muluk-muluk deh. Kalau tanggul enggak bisa ditinggikan, renovasinya pakai tiang pancang aja, biar kuat. Kalau enggak gitu, yah jebol terus," kata pria yang sudah tinggal di sana sejak 1989 itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com