Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Hingga 2 Meter, 700 Orang Dievakuasi di Pluit

Kompas.com - 19/01/2013, 15:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir merendam kawasan Jakarta Utara, Sabtu (19/1/2013), mulai dari 40 cm hingga dua meter. Sejumlah kawasan yang teredam banjir tercatat di Waduk Pluit, Pluit Permai, Pluit Murni, Pantai Mutiara, PLTU Muara Karang, kawasan Penjaringan, Muara Baru, hingga Teluk Gong. Di daerah tersebut sejumlah akses tranportasi lumpuh.

"Hari ini kita turunkan personil 150 orang, dan 10 perahu karet. Evakuasi sampai siang ini masih berjalan. Masih banyak warga yang perlu dievakuasi," ujar Prabandya Operasi Kostrad Mayor Infantri M. Asmi di lokasi, Sabtu.

Asmi menerangkan, hingga siang ini sudah lebih dari 700 warga yang dievakuasi. Sebelumnya para warga bertahan di lantai dua rumah mereka. Salah seorang warga yang tinggal di Apartemen Laguna, Pluit, mengaku baru mengungsi hari ini. Menurutnya ketinggian air meningkat sejak semalam

"Banjir di sini semalam naik. Tempat lain pada surut, kok kita malah naik. Jadi baru banyak yang ngungsi tadi pagi," ujar Yanti.

Di depan Apartemen tersebut, terang Yanti ketinggian air mencapai dada orang dewasa. Warga pun kini hilir mudik di sekitar Emporium Pluit Mal yang tidak terendam banjir. Warga hingga saat ini masih membutuhkan perahu karet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com