Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Warga Pluit Evakuasi Diri Pakai Jet Ski

Kompas.com - 19/01/2013, 19:47 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan warga Pluit yang menjadi korban banjir melakukan berbagai cara untuk evakuasi diri. Bukan hanya menaiki perahu karet, dalam kondisi banjir setinggi 1,5 hingga 2,5 meter tersebut, ada warga mengevakuasi diri naik Jet Ski.

Hadi, warga Pantai Mutiara, Pluit ini tak berpikir panjang untuk menggunakan Jet Ski-nya ke tengah banjir. Jet ski yang biasa digunakannya untuk wisata di pantai itu pun meluncur di atas banjir kawasan Pluit.

Hadi mengaku telah mengevakuasi keluarga dan kerabatnya menggunakan jet ski berwarna biru itu. Untungnya, kata Hadi, ia telah mengisi penuh bahan bakar jet ski.

"Ini full tank. Udah enggak kehitung, deh, bolak-balik berapa kali. Nganter keluarga, saudara, teman,” ujar Hadi saat ditemui Kompas.com di lokasi banjir, Sabtu (19/1/2013).

Jet ski tersebut mampu untuk membawa dua orang. Jika bahan bakar habis, jet ski akan ditarik menggunakan tali.

Hadi ditemui di samping  Pluit Junction, jalan Pluit Raya yang juga masih terendam banjir. Namun, banjir kawasan tersebut tak setinggi di daerah perumahan sekitarnya. Rumah Hadi di Pantai Mutiara terendam air setinggi hingga 2 meter.

Rupanya, tak hanya Hadi yang menggunakan jet skinya di lokasi banjir. Saat Kompas.com menyusuri wilayah tersebut, seorang warga juga terlihat mengendarai jet ski berwarna merah.

“Banyak di sini yang pakai jet ski. Rata-rata yang punya rumah di Pantai Mutiara,” terang Jali, salah seorang warga.

Untuk diketahui, Kawasan Pluit, Jakarta Utara hingga kini masih terendam banjir tinggi. Perumahan yang terendam banjir tinggi di antaranya, Pluit Permai, Pluit Murni, Pantai Mutiara. Pantai Mutiara sendiri merupakan rumah pribadi Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Basuki pun turut menjadi korban banjir di Jakarta Utara.

Evakuasi warga telah dilakukan dengan perahu karet. Namun, beberapa warga masih bertahan di lantai dua rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com