Kompas.com - 20/01/2013, 14:12 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengingatkan agar jangan sampai ada informasi yang tersumbat mengenai banjir. Jika ada hal penting yang sangat mendesak aparat di tingkat bawah bisa menyampaikan langsung kepadanya. Hal ini penting agar penanganan korban bencana bisa cepat dan tepat dilakukan.

"Sejauh ini saya belum pernah ditelepon mengenai keluhan di lapangan soal penanganan banjir. Tetapi jangan sampai ini karena tidak berani melaporkan, sementara ada hal mendesak terjadi di lapangan," tutur Joko Widodo di depan seluruh wali kota dan satuan kerja perangkat dinas di Balai Kota, Jakarta, Minggu (20/1/2013).

Menurut dia, apart di bawah seperti camat dapat memotong birokrasi demi kepentingan publik. Hal itu lebih baik sehingga persoalan yang mendesak dapat segera ditangani.

Dia mencontohkan, kasus penanganan korban banjir di Gedung UOB, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Dia baru mendengar ada korban di dalam gedung itu dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Menurut Joko Widodo, seharusnya dia bisa dapat mengetahui informasi itu dari Dinas Pemadam Kebaaran dan Penanganan Bencana.

"Informasi yang cepat memudahkan saya mengambil keputusan apa yang harus dilakukan," katanya.

Minggu siang, Joko Widodo melihat proses penyedotan air di bawah tanah Gedung UOB. Tidak banyak kalimat yang keluar dari mulutnya. Ia berada di tempat itu hanya sekitar 10 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.