Kompas.com - 20/01/2013, 16:06 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu petugas penyelamat dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemprov DKI Jakarta, Benyamin, mengatakan mencium bau kurang sedap saat berada di Basement 2 Plaza UOB, Jalan Thamrin, yang tergenang air. Benyamin belum dapat memastikan bau kurang sedap tersebut apakah berasal dari jasad manusia atau karena penyebab lainnya.

"Kondisi air masih tinggi di Basement 2. Masih sekitar semeter, tapi di situ baunya busuk bukan main seperti di Basement 1," kata Benyamin di Plaza UOB, Jakarta, Minggu (20/1/2013).

Benyamin menambahkan, di dalam Basement 1 banyak ditemukan mobil yang bodinya penyok. Ada lebih kurang 25 mobil yang dilihatnya di dalam Basement 1 tersebut. Ke-25 mobil itu, terangnya, rusak karena derasnya air yang menghantam bodi mobil.

"Saya harap pihak UOB tidak memindahkan mobil-mobil itu karena akan menyulitkan kerja kami. Biarkan dulu sementara, kalau ada korban lagi nantinya, kami usahakan evakuasi terlebih dahulu," terangnya.

Benyamin menambahkan, suasana di dalam basement gelap. Tidak ada penerangan sedikit pun dan kondisi lantai basement licin. Hal itu menghambat proses pengurasan air di Basement 2 dan 3. Kini pihaknya telah menerjunkan 12 unit pompa air.

Pantauan Kompas.com, saat ini proses penyedotan air di basement Plaza UOB masih berlangsung. Gubernur DKI Jakarta pun pada 11.15 WIB telah mendatangi lokasi untuk mengecek proses tersebut. Sementara tiga ambulans juga bersiaga di teras lobi Plaza UOB menyusul ditemukannya korban tewas pada Sabtu (19/1/2013) kemarin. Bau busuk seperti bangkai masih tercium saat wartawan mengunjungi Basement 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.