Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sodetan Ciliwung Ditargetkan Selesai 2014

Kompas.com - 20/01/2013, 16:55 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur tahun ini. Dia menargetkan sodetan sepanjang 2,1 kilometer itu selesai dibangun pertengahan tahun 2014.

Sodetan dengan alokasi anggaran Rp 500 miliar itu dibangun untuk mengurangi dampak banjir karena luapan Kali Ciliwung.

"Semua sepakat, melakukan apa yang dilakukan tahun ini, tahun depan, dan seterusnya. Yang mendesak untuk mengatasi banjir saat ini adalah membangun sodetan Kali Ciliwung ke arah Kanal Banjir Timur. Mengapa? Saat banjir minggu ini, Kanal Banjir Barat begitu banyak menampung aliran sungai. Sementara Kanal Banjir Timur nyaris tidak terisi," kata Yudhoyono di hadapan wartawan, Minggu (20/1/2013) di Jakarta.

Kondisi seperti ini tidak menguntungkan. Menurut Presiden, beban Kali Ciliwung harus dibagi dua. Jika dilakukan, dampaknya tidak seperti sekarang.

Penataan dan penertiban aliran Kali ciliwung, kata dia, memerlukan kerja sama semua pihak. "Banjir pada musim hujan akan selalu membahayakan warga yang tinggal di bantaran kali. Apalagi, jika banjirnya datang dini hari saat warga istirahat," katanya.

Selain penyodetan Kali Ciliwung, pemerintah pusat dan Pemerintan Provinsi DKI Jakarta saat ini juga sedang mulai menggarap proyek normalisasi Kali Pesanggrahan, Sunter, dan Angke. Proyek yang dimulai tahun 2012 itu masih terkendala pembebasan lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com