Kompas.com - 20/01/2013, 17:26 WIB
|
Editoryunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Purnama yang terjadi pada Minggu (27/1/2013) diprediksi akan memperparah dampak musim hujan tahun ini. Diberitakan Kompas.com sebelumnya, pakar hidrologi Universitas Indonesia, Firdaus Ali, mengatakan bahwa Jakarta bisa "tenggelam" alias kembali banjir akibat pasang purnama.

Seberapa besar kemungkinan itu terjadi?

Firdaus mengatakan sebelumnya bahwa curah hujan akan tetap tinggi. Adanya pasang akibat purnama akan menahan air dari daratan. Dikatakannya, sesedikit apapun, aliran dari sungai takkan bisa masuk ke laut.

Thomas, Djamaluddin, Deputi Sains, Pusat Sains Atmosfer, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan bahwa gabungan efek cuaca dan pasang memang perlu diwaspadai, namun tak perlu panik.

"Hal itu bisa terjadi kalau memang ada gabungan antara curah hujan yang tinggi dan merata serta efek pasang," papar Thomas saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/1/2013).

Thomas mengatakan, jika curah hujan tinggi dan merata, volume air di sungai akan meningkat. Bila air laut juga pasang, maka aliran air sungai ke muara akan lebih lambat. Volume air berpotensi meluap, menjadi genangan atau banjir.

Pada Minggu nanti, Thomas mengatakan, "Potensi Jakarta tenggelam kecil. Kejadian tanggal 16 dan 17 Januari 2013 yang lalu saya prediksi tidak akan terulang Minggu depan," katanya.

Thomas mengungkapkan, pasang memang akan memuncak Minggu depan. Namun, curah hujan hingga akhir Januari, berdasarkan analisisnya, cenderung menurun. Dengan demikian, syarat untuk Jakarta "tenggelam" tak terpenuhi.

"Tren curah hujan di Indonesia secara umum menurun. Ini karena suhu muka laut juga menurun. Aktivitas konveksi dan pembentukan awan pun demikian," katanya.

Thomas juga menyinggung tentang Osilasi Madden Julian (MJO). Secara sederhana, MJO adalah osilasi sub musiman yang terjadi di wilayah tropis akibat sirkulasi skala besar ekuatorial yang bergerak dari barat ke timur atau Hindia ke aPasifik tengah. MJo memengaruhi curah hujan.

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.