Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basement UOB Berlumpur, Sulit Olah TKP

Kompas.com - 21/01/2013, 12:29 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Indonesia Automatic Fingerprints Identification System (INAFIS) Polri Wiryono mengatakan, timnya belum menemukan kejanggalan di basement Plaza UOB. Sebab, keadaan basement UOB masih dipenuhi lumpur sehingga menyulitkan penyelidikan lebih jauh.

"Kita bertugas menemukan ada indikasi karena bencana atau kesalahan konstruksi gedung. Hal-hal yang mencurigakan, konstruksi yang salah, belum dapat diambil kesimpulan ke arah sana," kata Wiryono di Posko INAFIS, Gedung Plaza UOB, Jakarta, Senin (21/1/2013).

Tim INAFIS, kata dia, juga belum melakukan olah TKP di lokasi basement. Pasalnya, basement 3 masih belum kering. Olah TKP di lokasi yang kering ditakutkannya malah akan mengganggu kinerja petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemrov DKI Jakarta yang masih menyedot air.

"Kalau kami maksakan olah TKP, nanti petugas akan terganggu. Proses olah TKP baru akan dilakukan setelah seluruh basement kering," katanya.

Sejauh ini, tuturnya, Tim INAFIS baru melakukan investigasi awal di basement yang kering. Investigasi awal tersebut guna mempersiapkan olah TKP yang akan dilakukan.

Sampai kini, ada delapan personel dari INAFIS yang diterjunkan di basement. "Tim itu untuk mengumpulkan barang bukti. Sehari ada dua tim yang gantian, masing-masing ada delapan orang," jelasnya.

Menurut Wiryono, INAFIS tidak akan mencegah mobil di basement yang diambil pemiliknya. Sebab, itu bukan merupakan barang bukti. Fokus INAFIS, tuturnya, hanyalah mengecek kelayakan gedung dan sistem pengamanan UOB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com