100 Hari Jakarta Baru, Jokowi Resmikan "E-ticketing" Transjakarta

Kompas.com - 22/01/2013, 10:12 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Selasa (22/1/2013) ini menggenapi 100 hari pemerintahan Jakarta baru dibawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama. Apa yang akan dilaksanakan Jokowi dan Basuki di hari ke-100 mereka bekerja?

Jokowi sudah memiliki beberapa agenda, antara lain meresmikan integrasi kopaja AC ke jalur transjakarta dan launching penerapan e-ticketing transjakarta. "Launching dan memulai itu tetap dilaksanakan karena ditunggu masyarakat. Besok (hari ini) itu ada penerapan e-ticketing transjakarta, 102 armada baru transjakarta, dan kopaja integrasi jalur transjakarta," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Senin (21/1/2013).

Integrasi kopaja AC akan dilakukan untuk Kopaja P20 (Lebak Bulus-Senen) dan Kopaja S13 (Ragunan-Grogol) yang terintegrasi dengan Koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas) dan Koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni). Pelaksanaan integrasi kopaja AC ke jalur transjakarta ini mengikuti sistem yang berlaku di transjakarta, misalnya penggunaan armada dengan bus memiliki dek tinggi dan pintu sebelah kanan.

Dengan berlakunya integrasi ini, penumpang transjakarta cukup membeli tiket seharga Rp 5.000. Tarif tiket ini berlaku untuk kopaja AC dan transjakarta. Jika membeli tiket di halte bus transjakarta dikenai biaya Rp 8.500. Rinciannya, Rp 3.500 untuk transjakarta dan Rp 5.000 untuk kopaja AC. E-ticketing menggandeng sejumlah bank swasta dan BUMN, di antaranya BRI, BNI, Bank DKI, BCA, dan Bank Mandiri.

Berdasarkan jadwal resmi yang dikeluarkan Pemprov DKI, setelah Jokowi meresmikan kegiatan tersebut, Jokowi akan melaksanakan rapat koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI terkait program Jakarta Tanggap Darurat pada pukul 11.00 WIB di Balai Agung, Balaikota, Jakarta.

Sementara itu, Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama pada pukul 07.30 WIB akan menerima staf Info-Tek UKP4 di ruang tamu Wagub. Pada pukul 13.00 WIB bertempat di lokasi yang sama, Wagub akan melakukan diskusi dengan para pakar dan instansi terkait sebagai langkah penanggulangan banjir DKI Jakarta untuk memperoleh masukan dan alternatif solusi penanggulangan banjir.

Berbeda dengan beberapa program transjakarta yang akan diresmikan Jokowi, peresmian Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok) yang penggunaannya sedianya akan dimulai hari ini akan diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Pengunduran ini dilakukan karena Jokowi masih fokus pada penanganan banjir di DKI yang sangat menguras tenaga dan pikiran.

"Suasana seperti ini kok masih ada yang tanya 100 hari. Kita masih berkonsentrasi urus banjir. Kita undur semuanya sampai kira-kira Jakarta menurut kalkulasi sudah aman, baru kita bicara yang lain. Saya tidak mau kehilangan fokus," kata Jokowi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, pengoperasian Koridor XII memang tidak bisa dilakukan hari ini karena sebagian jalur masih tergenang. Ia juga tak bisa memastikan sampai kapan pengunduran pengoperasian ini. "Ditunda karena jalur tergenang. Sampai batas waktu yang belum ditentukan, intinya menunggu air surut," ujarnya.

Meski demikian, ia pun memastikan, seluruh infrastruktur Koridor XII sudah selesai. Bahkan, 32 bus yang akan dioperasikan telah siap untuk digunakan. "Kita ingin segera dioperasikan karena semua infrastruktur telah siap," kata Pristono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.