Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2013, 10:26 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Selasa (22/1/2013), Transjakarta dijadwalkan akan meluncurkan penggunaan tiket elektronik berbasis e-money untuk tiket bus transjakarta. Acara seremonial peluncuran perdana e-money akan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, diawali acara dan jumpa pers di silang Monas, lalu berangkat dari Shelter Monas menuju Shelter Jakarta Kota.

Momen itu bertepatan dengan peringatan 100 hari dilantiknya pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

"Jadi, hari ini sekitar pukul 09.00 akan dilakukan peluncuran tiket elektronik transjakarta berbasis e-money," kata M Akbar, Kepala BLU Transjakarta, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/1/2013) pagi.

E-money sendiri adalah sistem tiket yang menggunakan kartu prabayar produk dari beberapa bank yang telah mengadakan kerja sama dengan BLU Transjakarta. Untuk tahap awal, e-money baru akan diterapkan di Koridor I (Blok M-Kota), tetapi pihak Transjakarta menargetkan 3-4 bulan ke depan seluruh koridor transjakarta akan menggunakan sistem tiket e-money.

"Sistem ini menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh 5 Bank, yakni BNI 46, BRI, Mandiri, BCA, dan Bank DKI. Tahap awal sistem ini berlaku di Koridor I, tetapi mudah-mudahan 3-4 bulan bisa diterapkan di seluruh koridor," terang M Akbar.

Dalam acara Refleksi dan Temu Kangen bersama Para Peletak Dasar Transjakarta Busway yang digelar dalam rangka peringatan 9 tahun beroperasinya transjakarta yang jatuh pada pekan lalu, Selasa (15/1/2013), M Akbar, yang menjadi salah satu narasumber, mengemukakan adanya rencana untuk segera melakukan modernisasi pada sistem tiket, yaitu dengan meluncurkan e-money.

"Kami malu juga selama ini masih menggunakan tiket berupa kertas yang disobek. Tapi, insya Allah tanggal 22 Januari nanti, transjakarta akan me-launching penggunaan e-money, yaitu tiket yang menggunakan kartu-kartu kredit produk beberapa bank yang bisa digunakan untuk tiket busway," ujar M Akbar, Selasa (15/1/2013).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com