Kompas.com - 22/01/2013, 10:44 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi DKI Jakarta akhirnya menggandeng lima bank untuk menyediakan kartu prabayar tiket Transjakarta. Ini akan memudahkan sistem pembayaran di loket TransJakarta. Kelima bank tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank DKI.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas mengatakan, kartu prabayar ini sudah digagas sejak lima bulan lalu. Ini akan memudahkan masyarakat dalam pembayaran tiket transportasi di Jakarta.

"Penggunaan kartu prabayar ini juga dilakukan untuk mendukung cashless society," kata Ronald saat peluncuran di Lapangan Monas Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Sementara Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo menyebutkan, pihaknya menyediakan beberapa jenis kartu prabayar yang dapat digunakan untuk tiket TransJakarta. Kartu tersebut adalah kartu prepaid BNI generik, BNI prepaid maupun kartu lainnya yang merupakan hasil kerjasama dengan partner BNI.

Kartu kerjasama partner itu adalah kartu intermoda (kartu prepaid untuk bus TransJogja dan Bus batik Solo yang bekerjasama dengan BRI, BCA dan Kereta Api Prambanan Ekspres), RailCard (kartu prepaid untuk pembelian tiket kereta api eksekutif), Mekarsari (Taman Buah) dan lainnya.

"Kartu lainnya yang bisa digunakan adalah Kartu Aku, Chelsea dan Java Jazz Festival," kata Gatot.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaadmadja menyatakan, komitmen kerjasama ini merupakan komitmen perbankan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung peningkatan layanan di sektor transportasi massal.

"Ini akan memberikan kemudahan pembayaran bagi penggina TransJakarta," kata Jahja.

Adapun Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi menjelaskan, penerapan e-ticketing ini merupakan upaya peningkatan pelayanan pengguna TransJakarta. Pihaknya menyediakan kartu prabayar bernama e-money.

"Ini akan memberikan kenyamanan dalam menggunakan transportasi umum," kata Riswinandi.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.