Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hikmah Banjir untuk Jokowi...

Kompas.com - 22/01/2013, 13:18 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pakar kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI), Andrinof Chaniago, menilai banjir yang merendam puluhan titik di Ibu Kota memberikan berkah tersendiri untuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Pasalnya, ada hikmah tersembunyi di balik datangnya banjir kali ini.

Ia menjelaskan, banjir yang datang pada awal 2013 berbarengan dengan suasana bulan madu Jokowi dalam memimpin Jakarta. Hal itu dianggap cukup baik karena banjir ini menunjukkan salah satu masalah sebenarnya Jakarta sehingga Jokowi memiliki banyak waktu untuk menentukan langkah yang pas sebagai solusinya.

"Hikmah untuk Jokowi karena ia ditunjukkan masalah sebenarnya di awal-awal ia memimpin Jakarta," kata Andrinof kepada Kompas.com, Selasa (22/1/2013).

Andrinof menyampaikan, tepat memasuki usia ke-100 hari kepemimpinannya, Jokowi dianggap mampu mendalami masalah Ibu Kota. Bahkan lebih jauh, ia menganggap perubahan Jakarta mulai terasa semenjak mantan Wali Kota Surakarta itu dilantik sebagai Gubernur DKI pada 15 Oktober 2012.

"Contohnya dalam tata kelola anggaran, saat ini lebih transparan. Semoga bisa efektif juga penggunaannya," ujar Andrinof.

Selengkapnya, ikuti di topik pilihan:
BANJIR RENDAM JAKARTA

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com