Kompas.com - 22/01/2013, 17:58 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah mendata warga miskin yang tinggal dibantaran Sungai Ciliwung. Nantinya, mereka akan direlokasi di dua rumah susun di Jakarta Selatan, yakni di daerah Pasar Rumput dan Pasar Minggu.

"Sekarang masih dalam perencanaan. Kita harus menginventarisasi jumlah penduduk yang murni miskin dulu," kata Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Faridz mengatakan, rusun di Pasar Rumput direncanakan mampu menampung sekitar 3.000 keluarga. Adapun di Pasar Minggu mampu menampung 6.000 keluarga. Nantinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan subsidi untuk sewa.

"Angkanya (sewa maupun subsidi) belum. Mudah-mudahan tahun depan bisa jalan," pungkas dia.

Seperti diberitakan, permukiman di bantaran Kali Ciliwung dinilai salah satu penyebab banjir di Jakarta. Aliran air tidak maksimal lantaran adanya penyempitan sungai. Belum lagi sampah yang dibuang dari permukiman tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.