Kompas.com - 23/01/2013, 13:44 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Normalisasi sungai-sungai besar di Jakarta akan dipercepat dan dilaksanakan mulai tahun ini agar ibu kota segera terbebas dari banjir. Hal itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada wali kota lima wilayah DKI, lurah, dan camat yang berada di wilayah bantaran Kali Ciliwung, Pesanggrahan, Angke, dan Sunter.

"Sesuai dengan perintah Presiden hari Minggu kemarin, normalisasi kali besar akan dipercepat dan dilaksanakan mulai tahun ini," kata Jokowi di Balaikota, Rabu (23/1/2013).

Jokowi juga menyampaikan kepada para wali kota agar langsung menghubungi dirinya apabila ada kesulitan yang mereka temukan di lapangan saat melakukan normalisasi. Jokowi berharap April atau Mei tahun ini fisik normalisasi sudah bisa dimulai.

"Nanti ada hal yang bermasalah, yang dirasa sangat berat bisa disampaikan sama saya. Kalau saya perlu turun, ya turun. Saya harapkan fisiknya paling tidak April atau Mei bisa dimulai agar semuanya bergerak seiringan karena pascabanjir kita punya seabrek kerjaan," kata Jokowi.

Menurut Asisten bidang Pemerintahan DKI Sylviana Murni, pengarahan terutama ditujukan bagi 26 kecamatan dan 75 kelurahan  yang berada di wilayah Bantaran Ciliwung. Adapun yang dinormalisasi adalah Kali Ciliwung, Kali Pesanggrahan, Kali Angke, dan Kali Sunter.

Hadir dalam acara itu Kepala Bappeda Sarwo Handayani, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Wiryatmoko, Kepala Dinas Tata Ruang Agus Subardono, Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Putu Indiana, Kepala Dinas Perumahan DKI Novizal, dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.