Kompas.com - 23/01/2013, 23:21 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan toko dan rumah di kawasan Jembatan Tinggi, RT 16 RW 09, Kelurahan Jatibundar, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2013) malam, hangus terbakar. Api diduga berasal dari tabung gas yang meledak di sebuah warung makan.

Salah satu bangunan yang terbakar itu adalah toko mesin milik Fahmi Aziz di sebelah warung makan tersebut. Fahmi mengetahui bahwa tokonya terbakar setelah ia mendapat panggilan telepon sekitar pukul 19.30. "Tadi saya sudah di rumah, toko sudah tutup dari jam 17.00 WIB. Tiba-tiba ada telepon, bilang tabung gas warteg meledak. Saya langsung ke sini sudah habis semua," kata pria berusia 57 tahun tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Paimin Napitupulu mengatakan, api melahap puluhan kios mesin, bahan tekstil dan ban, serta sebagian rumah warga. Sebanyak 31 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan 157 personel damkar dikerahkan untuk memadamkan si jago merah.

"Yang terbakar ada puluhan toko yang didominasi toko tekstil dan beberapa rumah lainnya," kata Paimin.

Petugas pemadam sempat kesulitan memadamkan kobaran api karena sulitnya akses dan banyaknya warga yang menonton kebakaran. Paimin menduga api berasal dari meledaknya tabung gas di sebuah warung makan.

Setelah sekitar dua jam melawan api, akhirnya petugas pemadam berhasil memadamkan api sekitar pukul 21.45 WIB. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini dengan kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah. "Rumah habis, seragam anak habis, semuanya habis. mana suami lagi di Bali," kata seorang warga sambil menitikkan air mata, meratapi rumahnya yang sudah hangus terbakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.