Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Kuta Dibanjiri Sampah Kiriman sampai Mei

Kompas.com - 24/01/2013, 11:49 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Ribuan ton sampah kiriman diprediksi akan terus berdatangan ke Pantai Kuta, Bali, hingga bulan Mei nanti. Fenomena tahunan yang disebabkan musim angin barat ini akan mencapai puncaknya pada Februari mendatang.

"Biasanya sampai Maret, tapi BMKG bilang tahun ini sampai Mei," ujar Ketua Satgas Pantai Kuta, Anak Agung Ngurah Tresna, atau yang akrab disapa Gung Aji, saat ditemui di Pantai Kuta, Kamis (24/1/2013).

Pada fase awal membeludaknya sampah kiriman pekan ini, volumenya sudah banyak, tetapi belum merata di sepanjang pantai. Saat memasuki masa puncak sampah kiriman, tumpukan sampah dengan volume sangat tinggi dan datang terus-menerus akan memenuhi sepanjang Pantai Kuta hingga Seminyak dan menutupi bibir pantai hingga beberapa meter.

Seperti diberitakan, sejak hari Minggu (20/1/2013), ratusan ton sampah kiriman mengotori Pantai Kuta. Masalah sampah kiriman dari Tabanan hingga Jawa Timur yang selalu terjadi setiap tahun ini disebabkan musim angin barat.

Untuk membersihkan sampah kiriman ini, puluhan petugas DKP Badung didukung 4 alat berat dan 30 truk turun ke pantai mengumpulkan, mengangkut, dan membuang sampah ke TPA Suwung sejak pagi hingga malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com