Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Setuju Rencana Tata Ruang Jakarta Diaudit

Kompas.com - 25/01/2013, 14:53 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyetujui rencana Kementerian Pekerjaan Umum untuk melakukan audit terhadap rencana tata ruang dan wilayah (RTRW). Ia mengatakan, audit tersebut diperlukan agar tiap wilayah Ibu Kota dapat tersambung satu sama lain.

"Supaya connect dan supaya sambung (dengan daerah lain)," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (25/1/2013).

Jokowi mengatakan, audit itu akan dilakukan secara serentak untuk perencanaan di seluruh wilayah Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu. Audit itu ditargetkan selesai dalam waktu bersamaan pada akhir tahun ini. "Targetnya sama, akhir tahun ini saya kira rampunglah," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan akan menginstruksikan kepada keenam wilayah di DKI Jakarta untuk bersiap-siap menjalani audit oleh pemerintah pusat. Ia juga menyarankan agar audit itu dilakukan secara berbarengan dan tidak sendiri-sendiri. "Semuanya langsung. Ngapain harus satu-satu, kita perintah barenglah. Nanti berjalan yang lebih cepat yang mana, silakan," ujar mantan Wali Kota Solo tersebut.

Pemerintah pusat berencana mengaudit RTRW Kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabekjur). Audit ini untuk melihat apakah koefisien dasar bangunan (KDB) dan koefisien dasar hijau (KDH) di wilayah-wilayah tersebut telah sesuai dengan peraturan daerah tentang RTRW daerah bersangkutan.

Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Imam S Ernawi mengatakan, sebagian besar KDH di tujuh wilayah itu seharusnya dapat dipertahankan atau justru ditambah. Namun, faktanya KDH itu justru terus berkurang. Salah satu kawasan yang akan ditinjau ulang tata ruangnya adalah daerah aliran Sungai Ciliwung. "Evaluasi akan dilakukan mulai dari hulu di Jawa Barat sampai ke hilir sungai di Jakarta," ujar Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com