Kompas.com - 26/01/2013, 02:38 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berusaha memberikan fasilitas terbaik bagi warga korban banjir yang mengungsi ke rumah susun Marunda. Meski sedikit terganjal, ia mencoba cari solusi lain dengan merangkul pihak swasta untuk ikut andil di dalamnya melalui program corporate social responsibillity (CSR).

Basuki mengatakan, warga korban banjir akan diberi fasilitas komplet mulai dari kasur, pakaian, lemari, televisi, sampai kulkas. Walau begitu, fasilitas itu hanya diberikan cuma-cuma selama masa pengungsian.

"Kita kasih semuanya, siapa yang enggak mau? karena tinggal bayar uang sewa rusun sekitar Rp 400.000," kata Basuki seusai mengukuhkan pengurus Junior Chamber International (JCI) Indonesia, Jumat (25/1/2013) malam di Balaikota DKI Jakarta.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengungkapkan, dirinya berpikir bahwa televisi dan kulkas termasuk kebutuhan utama untuk semua orang. Namun, usulan tersebut tak disetujui oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), yang akhirnya membuat Pemerintah Provinsi DKI tak memiliki hak untuk memenuhi itu dengan dana cadangan yang jumlahnya sekitar Rp 850 miliar.

"Kita tetap akan sediakan. Tapi tidak bisa pakai dana darurat. Tidak bisa karena televisi sama kulkas dianggap bukan kebutuhan, sedangkan tafsiran saya, orang Jakarta enggak bisa lagi hidup tanpa televisi dan kulkas," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.