Kompas.com - 26/01/2013, 10:22 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tidak ada faktor dominan yang akan menyebabkan peningkatan curah hujan secara ekstrem pada 26 dan 27 Januari ini di Jakarta dan sekitarnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap mengimbau masyarakat waspada.

Staf Humas Komando Tanggap Darurat Bencana Banjir DKI Jakarta, Eko Hariadi, mengatakan, kewaspadaan tetap diperlukan karena, meskipun diprediksi tidak ada cuaca ekstrem, peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih dapat terjadi secara sporadis di wilayah Jabodetabek pada siang dan sore hari. "Tanggal 27 Januari 2013 memang diprediksi akan terjadi pasang air laut yang cukup tinggi. Pemprov DKI Jakarta siap memberi pelayanan kepada warga melalui pos-pos pelayanan," ujar Eko dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/1/2013).

Eko menyebutkan, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, hingga Jumat malam, jumlah korban meninggal akibat banjir telah mencapai 34 jiwa dengan jumlah pengungsi sebanyak 2.740 jiwa. Ia juga memastikan tewasnya anggota Tim Relawan dari Satgasos Kebon Baru, Kecamatan Tebet, bernama Karno (35), yang tinggal di Gang Perintis, Tebet, Jakarta Selatan. "Korban memang seorang relawan. Korban tewas diduga karena tenggelam," kata Eko.

Berdasarkan data Kepolisian Sektor Tebet, menurut dia, Karno tewas tenggelam pada Selasa lalu saat tercebur ke Kali Ciliwung dan baru ditemukan Jumat sore di sekitar Jembatan Ciliwung, Kampung Melayu Kecil, Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan. Karno meninggalkan seorang istri dan tiga anak. Dua anaknya masih sekolah dan yang bungsu baru lahir.

"Pemprov DKI Jakarta menyatakan turut belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya Pak Karno, anggota Tim Relawan dari Satgasos Kecamatan Tebet tersebut," kata Eko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.