Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas PU Jakarta Tambal Tanggul Rusak

Kompas.com - 27/01/2013, 14:40 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta mulai menambal tanggul yang retak dan jebol di sekitar Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (27/1/2013). Langkah itu ditempuh untuk menghindari kebocoran dan genangan saat air laut pasang.

Selain retak di beberapa titik, tanggul penahan rob itu rapuh. Semen tak lagi menempel pada dindingnya. Batu-batu terlepas dari strukturnya. Beberapa titik tanggul dijebol untuk membangun jembatan dan memudahkan lalu lintas orang.

Namun, air laut tetap merembes melalui celah-celah tanggul. Pada Minggu siang, air rembesan menggenangi jalan di Pasar Ikan Penjaringan. Menurut sejumlah pedagang, air selalu merembes setiap kali air laut pasang seperti terjadi sejak Kamis lalu.

Para pekerja menambal celah dengan semen. Mereka juga meninggikan celah tanggul yang sebelumnya dijebol untuk akses warga. Namun, perbaikan terkendala oleh banyaknya warga yang berlalu lalang di tanggul yang kini telah disesaki hunian dan kios-kios pasar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com