Kompas.com - 27/01/2013, 14:40 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta mulai menambal tanggul yang retak dan jebol di sekitar Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (27/1/2013). Langkah itu ditempuh untuk menghindari kebocoran dan genangan saat air laut pasang.

Selain retak di beberapa titik, tanggul penahan rob itu rapuh. Semen tak lagi menempel pada dindingnya. Batu-batu terlepas dari strukturnya. Beberapa titik tanggul dijebol untuk membangun jembatan dan memudahkan lalu lintas orang.

Namun, air laut tetap merembes melalui celah-celah tanggul. Pada Minggu siang, air rembesan menggenangi jalan di Pasar Ikan Penjaringan. Menurut sejumlah pedagang, air selalu merembes setiap kali air laut pasang seperti terjadi sejak Kamis lalu.

Para pekerja menambal celah dengan semen. Mereka juga meninggikan celah tanggul yang sebelumnya dijebol untuk akses warga. Namun, perbaikan terkendala oleh banyaknya warga yang berlalu lalang di tanggul yang kini telah disesaki hunian dan kios-kios pasar tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.