Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftar Rusun Marunda Melonjak

Kompas.com - 28/01/2013, 11:31 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah warga korban banjir di kawasan Pluit, Jakarta Utara, yang mendaftar sebagai calon penghuni rumah susun sewa Marunda melonjak tiga hari terakhir. Hingga Senin (28/1/2013), pengelola mencatat, jumlah pendaftar telah mencapai 420 orang.

"Ada lonjakan pendaftar sejak Sabtu pekan lalu dan sampai siang ini 420 orang," kata Kepala Unit Pengelola Rumah Susun Wilayah I Jakarta Utara Kusnindar, Senin (28/1/2013).

Sebenarnya baru dua blok dengan 200 unit yang telah siap. Namun, Pemerintah DKI Jakarta menggenjot perbaikan blok-blok lain untuk menampung sebanyak-banyaknya warga dari kawasan-kawasan terlarang untuk hunian, seperti di area genangan Waduk Pluit.

Menurut Kusnindar, selain Blok 7 dan 8, pihaknya menyiapkan Blok 2, 3, dan 6 untuk dihuni. Dengan demikian, ada 500 unit yang bisa segera dihuni. "Setelah pendaftaran kami akan seleksi lagi kelayakan syarat-syaratnya," kata Kusnindar.

Relokasi warga di area genangan Waduk Pluit diharapkan memudahkan normalisasi waduk. Saat ini, sekitar 20 hektar dari total 80 hektar area genangan diperkirakan telah diokupasi warga dan dibangun menjadi hunian. Selain sempit, waduk juga semakin dangkal, hanya sekitar 2-3 meter dari kedalaman seharusnya 10 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com