Kompas.com - 28/01/2013, 11:31 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah warga korban banjir di kawasan Pluit, Jakarta Utara, yang mendaftar sebagai calon penghuni rumah susun sewa Marunda melonjak tiga hari terakhir. Hingga Senin (28/1/2013), pengelola mencatat, jumlah pendaftar telah mencapai 420 orang.

"Ada lonjakan pendaftar sejak Sabtu pekan lalu dan sampai siang ini 420 orang," kata Kepala Unit Pengelola Rumah Susun Wilayah I Jakarta Utara Kusnindar, Senin (28/1/2013).

Sebenarnya baru dua blok dengan 200 unit yang telah siap. Namun, Pemerintah DKI Jakarta menggenjot perbaikan blok-blok lain untuk menampung sebanyak-banyaknya warga dari kawasan-kawasan terlarang untuk hunian, seperti di area genangan Waduk Pluit.

Menurut Kusnindar, selain Blok 7 dan 8, pihaknya menyiapkan Blok 2, 3, dan 6 untuk dihuni. Dengan demikian, ada 500 unit yang bisa segera dihuni. "Setelah pendaftaran kami akan seleksi lagi kelayakan syarat-syaratnya," kata Kusnindar.

Relokasi warga di area genangan Waduk Pluit diharapkan memudahkan normalisasi waduk. Saat ini, sekitar 20 hektar dari total 80 hektar area genangan diperkirakan telah diokupasi warga dan dibangun menjadi hunian. Selain sempit, waduk juga semakin dangkal, hanya sekitar 2-3 meter dari kedalaman seharusnya 10 meter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X