Kompas.com - 28/01/2013, 16:50 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan untuk mengucurkan dana sekitar Rp 2 triliun untuk normalisasi serta membuat sodetan di Kali Ciliwung sebagai antisipasi banjir.

Djoko menjelaskan, anggaran sebesar Rp 500 miliar diantaranya akan digunakan untuk membuat sodetan dari Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur. Sebesar Rp 1,2 triliun untuk normalisasi Kali Ciliwung, tepatnya yang melintas di Jalan TB Simatupang sampai Manggarai sepanjang 20 kilometer.

"Sisanya Rp 300 miliar diusulkan melalui BNPB untuk keperluan alat-alat berat yang harus dibeli," kata Djoko di Jakarta, Senin ( 28/1/2013 ).

Djoko menambahkan, pihaknya akan melebarkan Kali Ciliwung yang sekarang hanya selebar 15-20 meter menjadi 65-70 meter. Selain itu, Kali Ciliwung juga akan diperdalam. Namun, kata dia, langkah itu baru bisa dilakukan jika proses relokasi seluruh warga yang tinggal di bantaran kali telah selesai. Setidaknya, katanya, ada 2.700 rumah yang perlu direlokasi.

"Hambatannya pembebasan tanah. Itu Pak Gubernur DKI (Joko Widodo) yang melakukan pendekatan. Kami taunya masyarakat sudah pindah, lalu kita gali. Paling lambat proses normalisasinya dua bulan selesai," pungkas Djoko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.