Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Ciliwung Akan Dilebarkan 70 Meter

Kompas.com - 28/01/2013, 16:50 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan untuk mengucurkan dana sekitar Rp 2 triliun untuk normalisasi serta membuat sodetan di Kali Ciliwung sebagai antisipasi banjir.

Djoko menjelaskan, anggaran sebesar Rp 500 miliar diantaranya akan digunakan untuk membuat sodetan dari Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur. Sebesar Rp 1,2 triliun untuk normalisasi Kali Ciliwung, tepatnya yang melintas di Jalan TB Simatupang sampai Manggarai sepanjang 20 kilometer.

"Sisanya Rp 300 miliar diusulkan melalui BNPB untuk keperluan alat-alat berat yang harus dibeli," kata Djoko di Jakarta, Senin ( 28/1/2013 ).

Djoko menambahkan, pihaknya akan melebarkan Kali Ciliwung yang sekarang hanya selebar 15-20 meter menjadi 65-70 meter. Selain itu, Kali Ciliwung juga akan diperdalam. Namun, kata dia, langkah itu baru bisa dilakukan jika proses relokasi seluruh warga yang tinggal di bantaran kali telah selesai. Setidaknya, katanya, ada 2.700 rumah yang perlu direlokasi.

"Hambatannya pembebasan tanah. Itu Pak Gubernur DKI (Joko Widodo) yang melakukan pendekatan. Kami taunya masyarakat sudah pindah, lalu kita gali. Paling lambat proses normalisasinya dua bulan selesai," pungkas Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com