Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Enam Ruas Tol Tanpa Hasil

Kompas.com - 29/01/2013, 16:47 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengar pendapat kedua mengenai proyek enam ruas jalan tol di Jakarta kembali tanpa hasil.

Pertemuan yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo belum menyepakati soal proyek itu. Dia pihak yang berseberangan pendapat, tetap bersikukuh mempertahankan pendapatnya.

"Ada dua mazhab pemikiran yang berbeda. Mereka bertahan pada argumen masing-masing. Saya mencoba menawarkan solusi jalan tengah, tetapi tetap tidak bisa," tutur Gubernur DKI Joko Widodo, Selasa (29/1) di Jakarta.

Jokowi menawarkan jalan tengah pembangunan sebagian dari enam ruas jalan tol. Jalan yang dimaksud untuk jalur logistik di utara Jakarta.

"Fakta bahwa Jakarta saat ini kekurangan ruas jalan. Tetapi jika enam ruas tol itu dibangun seperti memberikan karpet mera pada pemilik kendaraan pribadi," katanya.

Sebelum gubernur mendengar gelar pendapat tentang enam ruas jalan tol pada hari Selasa 15 Januari lalu. Usai dengar pendapat secara terbuka itu, gubernur meminta waktu sebelum menjatuhkan keputusan. Namun pada dengar pendapat tertutup hari ini, gubernur masih belum dapat memutuskan.

Belum jelas sampai kapan gubernur akan menjatuhkan putusan. Hadir dalam pertemuan itu 17 pihak dari unsur pemerintah, konsorsium proyek Jakarta Tollroad Development, dan akademisi serta warga yang menolak proyek itu.

"Kami di dalam saling mengutarakan pandangan, tidak jauhh berbeda dengan forum sebelumnya," tutur akademisi Universitas Indonesia yang hadir dalam pertemuan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com