Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Minta Pemkab Merauke Tak Beli Mobil Dinas Baru

Kompas.com - 31/01/2013, 22:22 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke meminta pemerintah kabupaten melakukan penghematan anggaran daerah, dengan tidak melakukan pengadaan kendaraan dinas roda empat baru pada tahun anggaran 2013. Kendaraan-kendaran dinas yang telah ada agar dioptimalkan pemanfaatannya.

Ketua DPRD Merauke, Leonardus Mahuze, dmengemukakan itu alam sambutan Pembukaan Rapat Paripurna Masa Sidang pertama tahun 2013, Kamis (31/1/2013). Agenda rapat adalah pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Merauke tahun 2013.

Ia menyatakan, diperlukan upaya penghematan dalam pos belanja RAPBD 2013. Karena itu, kendaraan dinas yang sudah ada pada masing-masing SKPD (satuan kerja pemerintah daerah dinas dan badan) dapat dioptimalkan pemanfaatannya.   

"Sebagaimana komitmen saudara bupati, untuk tahun ini semua SKPD tidak diperkenankan untuk mengusulkan kendaraan dinas roda empat, kecuali kendaraan dinas roda empat untuk rumah sakit dan puskesmas," kata Leonardus.

Rabu lalu, menurut Leo, meskipun Bupati telah menyatakan komitmen tidak akan melakukan pengadaan kendaraan dinas baru roda empat, dalam RAPBD 2013 ada anggaran untuk pembelian kendaraan dinas roda empat sebesar Rp 4 miliar.

Menanggapi itu, Wakil Bupati Merauke, Sunarjo, mengatakan, semua perencanaan anggaran disusun berdasarkan kajian kebutuhan riil dan kemampuan daerah.

Menurut Sunarjo, dinas-dinas telah diminta untuk mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki. Namun ada beberapa dinas perlu kendaraan untuk menunjang kerja. Akan tetapi bila dinilai belum perlu ada pengadaan kendaraan baru, pemkab tidak keberatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com