Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Segera Tutup Jalan Rusak!

Kompas.com - 01/02/2013, 14:06 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terus mengawasi proses perbaikan jalan pascabanjir. Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, pengerjaan jalan rusak telah terlihat hasilnya.

"Menurut laporannya, selama ini jalan terus dan sudah mulai kelihatan sih," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (1/2/2013).

Selain dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum, penambalan jalan berlubang juga akan dilakukan oleh Suku Dinas PU di masing-masing wilayah. Pembagian pekerjaan jalan akan disesuaikan dengan jenis jalan. Apabila jalan berlubang itu ada di jalan protokol, maka akan dikerjakan oleh Dinas PU DKI, dan untuk jalan lokal akan dikerjakan oleh suku dinas wilayah masing-masing. Sementara perbaikan jalan nasional diperbaiki oleh Pemerintah Pusat, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum.

Basuki tak sependapat dengan pembagian tupoksi tersebut. Menurutnya, Pemprov DKI juga telah mengirimkan surat ke Kementerian Pekerjaan Umum agar cepat memperbaiki jalan berlubang.

"Karena masyarakat tidak tahu apa jalan itu tanggung jawab pusat atau DKI kan?" tegasnya.

Basuki mengatakan agar mempercepat perbaikan jalan berlubang tersebut. Sebab, jalan berlubang itu telah berdampak pada jatuhnya korban jiwa. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada Kepala Dinas PU DKI untuk segera menutup jalan rusak sebelum jatuhnya korban jiwa kembali.

"Nah, saya juga sudah katakan sama Kepala Dinas PU, kalau misalnya Pemerintah Pusat itu terlambat, ini lubangnya makin lama makin menganga dan akan membahayakan jiwa. Jadi, jangan berpikir mana jalan punya pusat, mana punya Pemprov DKI. Yang penting jangan ada yang meninggal dululah. Laporkan saja yang mana yang belum," kata Basuki.

Pantauan Kompas.com di beberapa titik di Ibu Kota, beberapa jalan berlubang telah ditutup, seperti di Jalan Panjang, Jalan Arjuna Selatan, Jalan Meruya Utara, Jalan Puri Kembangan, Jalan Pesanggrahan, Jalan Kemanggisan, dan Jalan Tanah Abang. Sementara itu, jalan rusak dan berlubang masih terasa di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Rasuna Said, Jalan Mampang Prapatan, dan Jalan Raya Fatmawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com