Kompas.com - 01/02/2013, 18:22 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Boy Bernadi Sadikin mendukung rencana Gubernur DKI Joko Widodo melelang jabatan di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Pasalnya, ia menilai rekrutmen pejabat DKI saat ini masih dilandasi pertimbangan like and dislike, dan bukan pada penilaian visi serta misi dalam bekerja.

Boy mengatakan, terobosan yang dilakukan Jokowi mempertajam dugaannya pada kondisi badan kepegawaian daerah (BKD) Provinsi DKI Jakarta saat ini. Saat ini, penentuan suatu jabatan sering kali tidak dilandasi dengan ukuran kompetensi, sehingga eksekusi program berjalan lambat bahkan terbengkalai.

"Saat ini BKD lebih mirip bursa lowongan kerja. Pejabat yang punya kedekatan, lebih mudah promosi dibanding pejabat-pejabat yang berkompeten tapi tidak punya kedekatan," kata Boy di gedung DPRD, Jumat (1/2/2013).

Untuk itu, ia menegaskan BKD harus mengubah kebiasaan lama dalam merekrut para pejabatnya. Ia juga menyatakan kebijakan Jokowi terkait lelang jabatan bisa dilakukan untuk memperbaiki sistem dalam perekrutan tersebut.

"Introspeksi diri agar semuanya berjalan lebih baik, Jokowi memerlukan bawahan yang bekerja kerasa. Mental pejabat yang tidak melayani warganya harus dihilangkan," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan segera merealisasikan kebijakan ini. Namun begitu, teknis pelaksanaannya tetap diatur oleh BKD.

Terobosan ini pertama kali akan dilakukan di level kepala lurah dan camat. Pamong yang memiliki rapor merah akan dicopot, dan kekosongan posisi akan dibuka peluangnya untuk semua PNS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.