Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Naik, Jokowi Utamakan Distribusi Logistik

Kompas.com - 01/02/2013, 20:01 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tak khawatir dengan naiknya inflasi setelah banjir menyerang Jakarta. Jokowi yakin, dalam beberapa bulan ke depan, inflasi dapat ditekan dan semua kembali normal.

"Ya, inflasi itu otomatis karena harga barang terdongkrak. Ya, memang seperti itu," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (1/2/2013).

Saat ditanya langkah taktis apa yang akan dipilihnya untuk menekan inflasi tersebut, mantan Wali Kota Surakarta ini mengaku lebih fokus untuk menjaga ketersediaan logistik. Selain itu, distribusi logistik juga tak terhambat dan bisa berjalan lancar.

"Nanti bulan-bulan berikut lah kita tekan agar inflasi lebih di bawah. Yang penting itu distribusi logistik lancar," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan bahwa banjir yang melanda Ibu Kota beberapa waktu lalu berdampak pada kenaikan inflasi. Semula inflasi yang diperkirakan hanya 0,9 persen akan naik ke angka 1,1 persen selama Januari 2013. Menurut Gubernur BI, meski cukup membawa pengaruh, banjir kali ini hanya membawa dampak kenaikan inflasi untuk Jakarta dan tidak menular ke skala nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com