Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Palsu Setara Rp 1 Miliar di Mobil Perampok

Kompas.com - 04/02/2013, 02:38 WIB

Sungguh tak disangka. Di dalam mobil Toyota Avanza hitam bernomor polisi B 1942 TFI yang ditinggal pemiliknya di dekat pintu keluar Jalan Tol Cimanggis, Depok, polisi menemukan 90 boks berisi uang kertas rupiah palsu pecahan seratus ribu. Ketika dihitung, nilainya pun luar biasa, mencapai Rp 1 miliar.

Di dalam mobil itu juga ditemukan alat isap sabu (bong), tiga telepon seluler, sebilah golok, sebuah pisau lipat, dan satu pucuk airsoft gun.

Milik siapa uang palsu itu dan untuk ditransaksikan dengan siapa uang palsu tersebut, polisi masih menyelidiki.

Pengakuan

Yang pasti, terungkapnya uang palsu ini berawal dari kasus yang menimpa Ny Nenden Gultom Nainggolan (53), Minggu (3/2) siang.

Menurut Kepala Polsek Bogor Tengah Ajun Komisaris Victor Gatot HS, sekitar pukul 11.00, Ny Nainggolan dan anaknya, Johanes Nainggolan (31), bertemu ketiga pengguna mobil Toyota Avanza hitam itu di seberang Terminal Bus Baranangsiang, Kota Bogor.

Ny Nainggolan yang tinggal di Taman Kencana, Jalan Cikurai, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, mengaku memang janjian dengan seorang pelaku, berinisial L, di sana.

”Pengakuan Ny Nainggolan, dia mau bertransaksi membeli tanah di Bekasi, yang ditawarkan L,” ungkap Victor.

Ny Nainggolan yang membawa uang tunai Rp 150 juta, untuk uang muka pembelian tanah tersebut, lalu diajak L naik ke mobilnya untuk melihat tanah itu di Bekasi.

Ny Nainggolan pun ikut dengan para pelaku. Namun, karena L didampingi dua laki-laki lain, yang tidak dikenalnya, Ny Nainggolan yang merasa tidak nyaman meminta anaknya mengikuti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com