Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pistol Perampok di Halaman Bank Berjenis FN

Kompas.com - 04/02/2013, 13:13 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua pucuk pistol yang digunakan seorang pelaku perampokan nasabah di Bank Mandiri KCP Puri Sentra Niaga, Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Senin (4/2/2013) pagi, adalah jenis FN. Fakta itu diungkapkan saksi mata, Usman Yasin (50).

"Pistolnya jenis FN warna silver, yang dikokang, bukan rakitan. Kalau yang rakitan kan yang ada tempat pelurunya, kalau yang ini enggak," ujarnya saat ditemui Kompas.com di lokasi, Senin siang.

Perampokan itu dilakukan empat pelaku menggunakan dua sepeda motor yang nomor polisinya tak diketahui, yaitu Suzuki Satria dan Honda Revo. Satu pelaku menunggu di jalan depan bank dengan motornya, sementara tiga perampok lainnya bertugas menyergap korbannya bernama Agung P (21), pegawai SPBU Cipinang Indah.

Usman menuturkan, saat beraksi, dua pelaku merampas sebuah tas berwarna hitam milik korbannya. Adapun seorang pelaku lain menenteng dua senjata api, menyilangkan tangannya di dadanya. Begitu ia melihat satpam keluar dari bank, pelaku melepas satu tembakan.

"Untungnya enggak kena korbannya, tapi kena tembok dekat pintu masuk sama pot bunga. Pecahan pelurunya kena pelipis satpam. Tapi nggak parah, hanya lecet," lanjutnya.

Seusai mendapat uang sebesar Rp 317.505.000 milik korbannya, empat pelaku melarikan diri ke arah Kalimalang. Warga setempat yang sempat ingin mengejarnya ketakutan. Pasalnya, selama melarikan diri dengan motornya melalui jalan depan ruko, pelaku mengangkat dua tangannya yang memegang pistol ke udara sehingga tidak ada warga yang berani mendekatinya.

Menurut Usman, saat menjalankan aksinya, empat pelaku mengenakan helm full-face dan menggunakan jaket berwarna hitam sehingga ciri-ciri fisiknya tidak diketahui secara jelas.

Berdasarkan pantauan, petugas Kepolisian Sektor Makasar dan Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur telah datang ke lokasi kejadian. Titik tempat korban dirampok juga telah diberi garis polisi. Satu selongsong peluru diamankan petugas identifikasi dari lokasi kejadian. Saksi dan korban masih diperiksa intensif di dalam bank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com