Kompas.com - 04/02/2013, 17:07 WIB
EditorTri Wahono

BANYUMAS, KOMPAS.com - Masyarakat Dusun Munggangsari Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah dihebohkan dengan penemuan ladang tanaman yang diduga jenis khat yang merupakan bahan baku katinon, narkotika golongan I.

Kepala Dusun Mungangsari, Sisworo mengatakan, awalnya dirinya melihat tayangan telivisi mengenai tanaman khat. Kemudian ia teringat dengan jenis tanaman tersebut berada tak jauh dari rumahnya. Setelah itu, semalam Sisworo mencocokkan di komputer melalui mesin pencari.

"Saya print dan cocokkan, ternyata sama dengan yang ada di kebun. Kemudian tadi pagi saya lapor ke Polsek Baturraden," kata Sisworo di lokasi kebun, Senin (4/2/2013).

Tanaman khat ditemukan di ladang seluas 2.100 meter persegi. Kebun di pagar kawat berduri itu milik Ny Wairan, warga setempat yang kemudian disewa orang lain. "Siapa yang nyewa perlu dilihat di surat perjanjian," katanya.

Polisi dari Polres Banyumas dan Polsek Baturraden langsung memagari lahan tersebut dengan garis polisi. Kapolres Banyumas AKBP Dwiyono dan Kapolsek Baturraden, AKP Dwi Budiyono turut memantau petugas juga mencabuti tanaman tersebut untuk diperiksa.

Khat menjadi heboh setelah BNN menetapkan Raffi Ahmad cs sebagai tersangka kasus narkotika. Raffi dan kawan-kawannya terbukti mengonsumsi katinon derivatif dari bubuk dalam kapsul.(Hanan Wiyoko)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.