Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel "Junction Box" Korslet, KRL Commuter Line Dipindahkan

Kompas.com - 05/02/2013, 12:31 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — KRL Commuter Line dari Serpong tujuan Tanah Abang yang mengalami gangguan perjalanan akibat terjadinya hubungan pendek arus listrik di Stasiun Kebayoran, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, saat ini sudah ditarik menuju Dipo Bukit Duri. KRL tersebut mengalami gangguan akibat korslet pada kabel dan sempat menyebabkan sejumlah penumpang berlompatan karena panik.

Kepala Stasiun Kebayoran Lama Irawan mengatakan, korslet terjadi pada saat kereta berhenti untuk naik-turun penumpang. "Jadi terjadi korslet di kabel junction box, kemudian mengeluarkan asap," kata Irawan, saat ditemui di kantornya, Selasa (5/2/2013).

Menurut dia, kabel yang korslet tersebut hanya menimbulkan asap. Meski terjadi pada jam sibuk sekitar pukul 09.17 WIB, beruntung KRL sudah berhenti saat kejadian dan berada di dalam stasiun. "Api sih enggak keliatan ya, cuma ada kepulan asap. Kami menjaga saja, kalau ada api agar tidak menjalar ke mana-mana," ujarnya.

Irawan mengatakan, agar arus lalu lintas perjalanan penumpang tidak tersendat, KRL yang akan melintas saat itu dialihkan ke sepur tiga jalur kereta di Stasiun Kebayoran. Memang pada Stasiun Kebayoran terdapat tiga jalur KRL. Adapun saat ini KRL yang mengalami gangguan dan tertahan hampir selama tiga jam di stasiun tersebut kemudian ditarik menggunakan kereta penolong Djoko Tingkir menuju Dipo Bukit Duri. Saat ini, perjalanan KA di Stasiun Kebayoran sudah berjalan seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com