Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat "Blusukan", Jokowi Dipertanyakan LSM

Kompas.com - 05/02/2013, 15:30 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2013-2017 berlangsung, seorang anggota lembaga swadaya masyarakat mempertanyakan terkait kegiatan blusukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ke kampung-kampung.

"Jangan sampai Pak Jokowi blusukan tetapi enggak terarah. Enggak hanya sekadar turun ke masyarakat, yang penting bapak harus mendapat kepercayaan dari masyarakat terlebih dahulu," kata Luqman, anggota Serikat Rakyat Miskin, di Balaikota Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Mendengar itu, Jokowi langsung menegaskan, kalau kegiatan blusukan-nya itu sangat terarah. Sebelum blusukan, ia pun telah mengetahui permasalahan apa yang akan diselesaikan di tempat tujuan itu.

"Saya itu kalau datang ke mana, gang mana, titik mana, data sudah masuk komplet semuanya masuk ke saya. Intelijen saya komplet dan pastinya blusukan saya terarah," kata Jokowi.

Jokowi berjanji akan melakukan blusukan selama dia menjabat. Menurut dia, setiap gubernur memiliki gaya tersendiri dan gaya Jokowi adalah gaya blusukan.

"Setiap hari, setiap saat, itu pasti ada aspirasi dari rakyat dari bawah, ada kebutuhan dari bawah yang kalau kami hanya duduk di kantor enggak akan ketangkap seperti itu," kata Jokowi.

Turun ke lapangan itu pun, menurut Jokowi, bukan berarti hanya untuk turun ke masyarakat dan melihat perkampungan kumuh. Namun, ia juga akan mengontrol lapangan, proyek, dan program.

Selain ke kampung-kampung, ia juga mengontrol ke rumah sakit, puskesmas, dan kelurahan. "Kami lihat apakah pelayanannya sudah baik atau belum. Ini semua kan bentuk sebuah manajemen. Kalau manajemen perencanaan tanpa manajemen kontrol ke bawah tidak baik, ya enggak akan bisa terwujud," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com