Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Naik, Parkir Liar Akan Semakin Banyak

Kompas.com - 05/02/2013, 18:02 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — David Tobing, seorang pengacara publik yang menggugat Gubernur DKI dan DPRD DKI terkait masalah kenaikan tarif parkir, berharap agar Gubernur segera mencabut pergub mengenai hal tersebut. Menurutnya, adanya kenaikan tarif parkir akan berdampak pada munculnya parkiran-parkiran liar.

"Siapa pun gubernurnya, dia harus berani mengoreksi dan mengganti peraturan oleh gubernur sebelumnya," kata David Tobing, ketika ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (5/2/2013).

David menuturkan, naik dan semakin mahalnya biaya tarif parkir off-street (gedung-gedung perkantoran dan lain-lain) justru akan berdampak pada semakin banyaknya masyarakat yang memilih parkir on-street (parkir liar), mengingat biaya lebih murah.

"Justru dengan makin mahalnya tarif di gedung-gedung, akan membuat orang semakin milih parkir on-street. Malah bisa bikin macet kalau banyak yang milih markir di jalan. Persoalan berikutnya adalah sejauh mana parkir on-street itu tersedia, sementara Pemprov DKI sudah melarang parkir on-street," kata David.

Di satu sisi, tutur David, jika tujuan kenaikan tarif parkir ini adalah untuk mengurangi masyarakat menggunakan mobil, maka seharusnya Pemprov DKI bisa memberikan keamanan dan kenyamanan transportasi massal lebih dulu agar orang mau menggunakan transportasi massal.

"Sementara itu, transportasi massal saja masih dalam wacana, belum terealisasikan," ujar David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com