Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tewas Setelah Truk Tabrak Mobil Bak Terbuka

Kompas.com - 06/02/2013, 02:50 WIB

KEBUMEN, KOMPAS - Kecelakaan yang menyebabkan dua orang tewas di lokasi, Selasa (5/2), terjadi di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Peristiwa itu terjadi setelah mobil bak terbuka yang ditumpangi korban ditabrak truk yang melaju dengan kecepatan tinggi, sekitar pukul 01.00.

Suwignyo (45), seorang saksi mata, mengatakan, kecelakaan terjadi saat truk bernomor polisi AA 1802 BD melaju dari arah utara menuju ke selatan. ”Sampai di simpang empat Kewayuhan, truk seperti hilang keseimbangan dan lajunya tak bisa dikendalikan,” ujarnya.

Akhirnya truk yang dikemudikan Samingan (25), warga Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, menabrak keras mobil bak terbuka bernomor polisi AA 1873 JC. Saat itu, mobil tersebut melaju dari arah barat ke timur. ”Biasanya jalan di perempatan Kewayuhan saat malam memang sepi. Jadi, banyak sopir memacu kendaraannya dengan kencang,” tuturnya.

Sejumlah saksi mata menduga sopir mengantuk sehingga tidak menyadari adanya kendaraan yang sedang melintas di perempatan tersebut. Akibatnya, mobil bak terbuka itu pun ringsek. Pengemudinya, Sukoco (30), warga Depokrejo, Kecamatan Ngombol, Purworejo, dan penumpangnya, Fatur (28), warga Desa Somogede, Kecamatan Pituruh, Purworejo, tewas seketika. Keduanya terjepit di dalam kabin depan mobil yang ringsek. Adapun pengemudi truk hanya mengalami luka-luka dan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kebumen.

Meningkat

Kepala Unit Kecelakaan Lalu lintas Kepolisian Resor (Polres) Kebumen Ajun Komisaris Catur C Wibowo mengatakan, pihaknya segera menyelidiki peristiwa tersebut dan akan memeriksa sejumlah saksi.

Sementara dari hasil pemeriksaan pendahuluan, pengemudi truk diperkirakan bakal menjadi tersangka dari peristiwa tersebut. ”Para pengguna jalan harus lebih berhati-hati memacu kecepatan kendaraannya meskipun di jalan sepi,” ujar Catur.

Dari data Polres Kebumen, angka kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut pada 2012 meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun 2011 terjadi 512 kecelakaan dengan korban meninggal 141 orang. Adapun pada tahun 2012 meningkat menjadi 717 kejadian dengan korban meninggal 171 orang.

Kepala Polres Kebumen Ajun Komisaris Besar Heru Trisasono menyebutkan, korban yang terlibat kecelakaan paling banyak adalah kalangan pelajar. Penyebab kecelakaan selain karena kurang berhati-hati juga akibat mengebut, menyalip, dan rem blong. (GRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com