Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kebakaran Glodok Diduga Korsleting

Kompas.com - 06/02/2013, 15:34 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kebakaran yang terjadi di kompleks Glodok Ruko Jaya, Taman Sari, Jakarta Barat, diduga akibat hubungan pendek arus listrik. Hal ini yang kemudian menjadi pemicu api yang kemudian merambat pada puluhan ruko yang letaknya berdempetan itu.

"Untuk sementara, penyebabnya diduga akibat hubungan arus pendek listrik," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat Abdul Karim di lokasi kebakaran, Rabu (6/2/2013).

Namun, dia mengatakan, sampai pukul 14.30, pihaknya belum mengetahui lokasi awal atau bangunan mana tempat titik api muncul. Abdul mengatakan, data sementara dari pihaknya tercatat ada 22 ruko yang sudah hangus terbakar.

"Kami berupaya agar tidak lagi menyebar," ujar Abdul Karim.

Hingga pukul 14.30, kepulan asap hitam beraroma karet terbakar masih terasa membubung di lokasi kebakaran. Namun, sejumlah titik api dari beberapa ruko sudah berhasil dipadamkan oleh petugas damkar. Akses lokasi yang sulit, teralis pada ruko yang menghambat petugas masuk, dan banyaknya material mudah terbakar di dalam ruko membuat lambatnya proses pemadaman api.

Petugas juga mengerahkan sebuah mobil pemadam dengan "lengan" panjang bernama Vema untuk menjangkau api dari atas bangunan. Selain itu, untuk mengurangi kepulan asap, beberapa unit mobil smoke removel dikerahkan di dekat lokasi kebakaran. Hingga pukul 15.00, petugas masih melakukan upaya pendinginan di lokasi kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com