Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skadron Udara 31 Dukung Modifikasi Cuaca

Kompas.com - 07/02/2013, 11:52 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Skadron Udara 31 Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma memastikan terus medukung hingga hari ini, Kamis (7/2/2013), pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) oleh BPPT bekerja sama dengan BNPB dan TNI Angkatan Udara. Penerbang militer Captain Pilot Mayor Pnb Roni Armanto stand-by untuk penerbangan hari ini dengan pesawat. Hercules C-130 A-1323.            

Dalam siaran persnya, Kepala Penerangan Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Mayor Sus Gerardus Maliti, menjelaskan, sejak awal dicanangkan Posko Penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca pada akhir Januari lalu, hingga hari ini, Lanud Halim Perdanakusuma yang dikomandoi oleh Komandan Lanud Halim Marsma TNI A Adang Supriyadi - sebagai perpanjangan tangan Mabes TNI - telah melaksanakan beberapa kali penerbangan.

Setiap harinya dilaksanakan dua sorti penerbangan berdasarkan perencanaan dari BPPT. Untuk redistribusikan curah hujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, kerja sama BPPT dan BNPB didukung oleh Pemerintah Kota DKI Jakarta, TNI, dan BMKG.

Seperti yang diberitakan selama ini, sejak adanya surat pernyataan darurat bencana banjir yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, serta adanya permintaan bantuan penanggulangan banjir oleh Jokowi kepada BNP, BNPB menggandeng BPPT dan TNI Angkatan Udara untuk menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca.

Menurut Mayor Malti,  TNI  tentu saja sangat mendukung kegiatan kemanusiaan ini dengan mempersiapkan pesawat Hercules C-130 yang memiliki daya angkut cukup besar untuk menyebarkan berton-ton garam dapur (Natrium Klorida) melalui udara.

Kamis ini hampir 60 ton garam dapur yang sudah ditabur, serta  empat ton garam dapur lagi yang rencananya akan disebar atau disemai untuk penerbangan hari ini, di atas awan yang berpotensi ujan pada ketinggian 9.000 feet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com