Kompas.com - 07/02/2013, 17:05 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Tanaman khat (catha edulis) di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, akhirnya dimusnahkan Badan Narkotika Nasional (BNN), Kamis (7/2/2013) siang. Pemusnahan khat dilakukan setelah BNN menetapkan khat masuk dalam narkotika golongan I pada Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009.

Kepala Humas BNN Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto mengatakan, di daerah itu, penyidik telah memetakan bahwa terdapat 55 titik lahan dengan total luas lahan sebesar 3 hektar yang ditanami khat. Pemusnahan itu akan dilakukan secara bertahap hingga tidak ada yang tersisa.

"Tiga hektar khat yang ada di Bogor, yakni Desa Tugu Utara, Desa Tugu Selatan, dan Desa Cibereum," ujar Sumirat di sela-sela acara pemusnahan tanaman khat dengan cara dibakar.

Terkait permintaan ganti rugi lahan para petani kepada BNN, Sumirat mengatakan akan mempertimbangkan hal tersebut. Pihaknya tetap memperhatikan aspek sosial petani yang selama ini kehidupan ekonominya bergantung pada tanam-jual khat.

Sumirat menjelaskan, BNN merencanakan program alternative development dengan menggantikan tanaman khat dengan komoditas lain, semisal wortel, bawang, dan lain-lain. Untuk sistem pelaksanaannya, BNN pun berencana bekerja sama dengan pemerintah setempat.

"Bupati dan pimpinan daerah pasti datang dan ikut membicarakan. Seperti di Aceh, diganti ke tanaman lain. Pokoknya kita cari solusi terbaik," ujar Sumirat.

Tindakan pemusnahan tanaman berbahaya tersebut dilakukan oleh petugas BNN dan dibantu sendiri oleh warga. Tanaman yang memiliki daun berbentuk oval serta berbatang kecil tersebut dicabut beserta akarnya dan dikumpulkan jadi satu, kemudian baru dibakar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.