Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Penjual Ikan Bandeng Jelang Imlek

Kompas.com - 08/02/2013, 06:17 WIB
Andrean Kristianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat melintas di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat, beberapa hari ini, ada pemandangan berbeda dari hari biasanya. Di sisi jalan di area itu terdapat puluhan lapak penjual ikan bandeng.

Para penjual bandeng itu merupakan pedagang musiman menjelang perayaan Imlek. "Di tempat ini memang sudah tradisi jualan ikan bandeng, biasanya beberapa hari sebelum Imlek," ujar Edy yang ditemui di lapaknya, Kamis (7/2/2013).

Para penjual menjajakan dagangannya sejak Rabu (6/2/2013) dan akan berakhir hingga perayaan Imlek yang jatuh pada Minggu (10/2/2013), dari pukul 05.00 sampai 02.00 dini hari. Bandeng yang berasal dari nelayan Muara Angke, Jakarta Utara, tersebut dijual kembali oleh pedagang dengan kisaran harga Rp 40.000-Rp 75.000.

Bandeng merupakan menu utama dalam perayaan Imlek karena dipercaya dapat membawa berkah. Menurut pedagang, tradisi menjual ikan di tempat ini sudah terjadi dari puluhan tahun yang lalu. "Tradisi jualan bandeng di sini sudah sekitar tahun 80-an, saya aja sudah jual dari tahun '89", kata Edy, pria berusia 46 tahun, saat berbincang dengan Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com