Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Kampung Pulo Banjir Lagi

Kompas.com - 08/02/2013, 09:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah bantaran Sungai Ciliwung di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, kembali dilanda banjir setinggi dua meter, Jumat (8/2/2013). Meski demikian, sebanyak 562 Kepala Keluarga atau sekitar 1.556 jiwa warga Kampung Pulo memilih tak mengungsi dan tetap bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing.

Cici (23), salah seorang warga Gang V, RT 03 RW 04, Kampung Pulo, mengatakan, air di Sungai Ciliwung mulai meluap dan masuk ke permukiman, Jumat sekitar pukul 04.00 WIB. Namun, kondisi tersebut sudah diantisipasi warga yang telah mendapat pemberitahuan dari perangkat RT setempat sejak Sabtu malamnya.

"Malamnya kan Katulampa 70 centimeter, kami di sini sudah dikasih tahu sama RT, jadi ya langsung siap-siap, barang ditaruh di atas," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat pagi.

Banjir yang melanda Kampung Pulo untuk yang kesekian kalinya tersebut dianggap kondisi biasa oleh warga Pulo, begitu mereka kerap menyebut nama kampungnya. Cici menuturkan, warga yang bekerja tetap beraktivitas seperti biasa. Untuk menuju mulut gang, mereka menggunakan perahu karet yang memang selalu disiagakan di daerah tersebut.

"Cuma ngerinya naik lagi, soalnya katanya di Bogor masih hujan. Asal jangan sampai kayak kemarin saja," ujarnya.

Hingga pukul 09.15 WIB, air di Kampung Pulo masih setinggi dua meter. Warga berharap kondisi tersebut lekas surut dan warga bisa menjalani kehidupannya seperti biasanya.

Berita terkait, baca :

BANJIR RENDAM JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com