Jokowi: Pelebaran Gorong-gorong Harus Pikirkan Masa Depan

Kompas.com - 09/02/2013, 19:17 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tengah merencanakan pembangunan gorong-gorong besar yang dapat mengatasi masalah banjir. Proyek ini dianggap maksimal mengatasi banjir dalam jangka panjang.

Jokowi mengatakan, buruknya saluran drainase di Ibu Kota menjadi penyebab utama terjadinya banjir seperti yang terjadi dalam tiga pekan terakhir. Untuk itu, diperlukan perencanaan jangka panjang agar Jakarta terhindar dari genangan air, antara lain dengan pelebaran gorong-gorong yang dapat menampung lebih banyak air.

"Memang gorong-gorong kita ini kecil, kita akan segera lebarkan. Saya sudah siapkan itu, setidaknya pelebaran gorong-gorong itu untuk 20 sampai 30 tahun ke depan. Kita harus tahu visi ke depan seperti apa, jangan (hanya) melihat 2 sampai 3 tahun ke depan," ujar Jokowi ketika ditemui di Jalan Latuharhary, Sabtu (9/2/2013).

Jokowi menambahkan, dalam program pencegahan banjir, pembangunan tidak boleh dikerjakan setengah-setengah. Semuanya harus dikerjakan secara maksimal karena anggarannya pun tidak jauh berbeda.

"Kalau sekarang gorong-gorong baru dibangun semeter, lebih dari itu tidak apa-apa, kan. Dua meter kan lebih baik. Kita harus punya visi jauh ke depan," kata Jokowi.

Rencana pelebaran gorong-gorong itu akan dilakukan di jalan-jalan protokol Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir yang lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.