Kompas.com - 10/02/2013, 23:21 WIB
Penulis Suhartono
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur di kawasan Ciputat dan sekitarnya di Kota Tangerang Selatan, Tanggerang, Banten, Minggu (10/2/2013) sore, mengakibabkan tebing di Perumahan Nerada yang terletak di atas Kali Ciputat, longsor.

Longsoran tanah dan batu yang menutup sebagian Kali Ciputat, menyebabkan banjir di kawasan perumahan di bawahnya yaitu Pondok Payung Mas (PPM). Hingga Minggu (10/2/2013) malam ini, Kali Ciputat masih tersumbat material longsoran.

Puluhan rumah masih tergenang antara 30 sentimeter hingga 50 sentimeter. Sejumlah penghuninya mengungsi di rumah keluarga atau tetangganya.

Beruntung, rumah yang dibangun di atas tebing itu tak luluh-lantak tergerus longsor. Hanya dinding tembok batas rumah yang dibangun di atas Kali Ciputat itu yang longsor. 

"Perumahan Nerada dibangun sebelum berdirinya Kota Tangerang Selatan. Tidak tahu, siapa yang mengizinkan pembangunan rumah di atas kali Ciputat. Apakah pemda atau perumahannya yang melanggar izin. Lokasi rumah yang longsor itu ada di atas garis sempadan sungai," ujar Hendra, warga di Bloke E PPM.

Dia berharap Wali Kota Tangsel, Airin Rachmy Diani, dapat melihat lokasi yang longsor itu. Sebab, Airin pernah mengunjungi warga PPM yang kebanjiran berkali-kali. "Kalau waktu itu, Bu Airin datang karena banjir akibat hujan deras, kalau sekarang karena longsoran Perumahan Nerada," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.