Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing Perumahan Nerada Longsor

Kompas.com - 10/02/2013, 23:21 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur di kawasan Ciputat dan sekitarnya di Kota Tangerang Selatan, Tanggerang, Banten, Minggu (10/2/2013) sore, mengakibabkan tebing di Perumahan Nerada yang terletak di atas Kali Ciputat, longsor.

Longsoran tanah dan batu yang menutup sebagian Kali Ciputat, menyebabkan banjir di kawasan perumahan di bawahnya yaitu Pondok Payung Mas (PPM). Hingga Minggu (10/2/2013) malam ini, Kali Ciputat masih tersumbat material longsoran.

Puluhan rumah masih tergenang antara 30 sentimeter hingga 50 sentimeter. Sejumlah penghuninya mengungsi di rumah keluarga atau tetangganya.

Beruntung, rumah yang dibangun di atas tebing itu tak luluh-lantak tergerus longsor. Hanya dinding tembok batas rumah yang dibangun di atas Kali Ciputat itu yang longsor. 

"Perumahan Nerada dibangun sebelum berdirinya Kota Tangerang Selatan. Tidak tahu, siapa yang mengizinkan pembangunan rumah di atas kali Ciputat. Apakah pemda atau perumahannya yang melanggar izin. Lokasi rumah yang longsor itu ada di atas garis sempadan sungai," ujar Hendra, warga di Bloke E PPM.

Dia berharap Wali Kota Tangsel, Airin Rachmy Diani, dapat melihat lokasi yang longsor itu. Sebab, Airin pernah mengunjungi warga PPM yang kebanjiran berkali-kali. "Kalau waktu itu, Bu Airin datang karena banjir akibat hujan deras, kalau sekarang karena longsoran Perumahan Nerada," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com