Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit, Novizal Mundur

Kompas.com - 12/02/2013, 03:17 WIB

Jakarta, Kompas - Di tengah berbagai upaya perbaikan yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI Novizal meletakkan jabatan karena alasan kesehatan. Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi langkah Novizal.

”Kami terima pengunduran dirinya. Bagi saya langkah ini layak ditiru pejabat lain. Kalau tidak sanggup menerima harapan dan tugas dari kami, lebih baik mundur daripada ngos-ngosan mengikuti lari kami yang kencang,” tutur Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Senin (11/2), kepada wartawan.

Basuki tidak takut jika terjadi pemboikotan kerja pejabat di Pemprov DKI karena tidak suka dengan cara kerja Gubernur dan Wakil Gubernur. ”Yang tidak suka bisa mengundurkan diri. Kalau mau boikot undur diri, kami senang-senang aja,” tuturnya.

Surat pengunduran diri Novizal sebenarnya sudah diajukan pada pekan lalu. Sesuai surat pengunduran diri itu, Novizal akan mengakhiri tugasnya sebagai kepala dinas perumahan per 1 Maret 2013 dengan status pensiun dini. Pemprov DKI sedang mencari pengganti Novizal dengan menawarkan terlebih dahulu kepada pejabat internal di Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI. Namun, jika tidak ada pejabat yang memenuhi syarat, Gubernur dan Wakil Gubernur mencari pejabat di luar dinas tersebut.

Tidak tertutup kemungkinan, kata Basuki, calon pengganti Novizal bukan dari eselon II, melainkan pegawai negeri sipil eselon IV A atau IV B sepanjang layak mengemban tugas tersebut. ”Kami akan panggil yang pangkat IV A dan IV B. Kami akan tanya kamu mengerti apa tidak pekerjaan ini? Mau atau tidak. Kalau semua tidak mau, kami cari dari luar. Akan tetapi, tadi Pak Novizal sudah merekomendasikan penggantinya. Sudah bertemu dengan Gubernur tadi,” katanya.

Kompas belum berhasil menghubungi Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Novizal sejak Senin sore hingga malam. Sambungan telepon sempat tersambung, tetapi latar belakang suara yang terdengar suasana rapat. Tidak ada suara yang keluar dari telepon seluler Novizal.

Novizal harusnya pensiun 1 Desember 2013. Selama berkarier di Pemprov DKI, dia pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Persimpangan Tidak Sebidang Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum, Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum, dan Kepala Dinas Perumahan sejak Januari 2012.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Budhiastuti telah menerima pemberitahuan pengunduran diri Novizal.(NDY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com