Kompas.com - 13/02/2013, 09:00 WIB
Penulis Suhartono
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com- Longsoran tembok perumahan Nerada yang menyumbat sebagian kali Ciputat, Selasa (12/2/2013) malam masih membuat perumahan Pondok Payung Mas (PPM), Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, kebanjiran lagi.

Akibatnya, sejumlah warga kembali mengungsi meskipun siang harinya rumah baru dibersihkan dari genangan air. Hingga Rabu (13/2/2013) pagi ini, banjir masih menggenangi sebagian warga PPM semata kaki orang dewasa.

Adapun sebagian jalan di perumahan yang sering dilanda banjir tersebut, terlihat masih terendam air hingga 50 sentimeter. Menurut Ketua Keamanan perumahan PPM Heno,  banjir mulai menggenangi rumah warga sejak pukul 20.00 setelah hujan deras mengguyur lagi kawasan tersebut.

Material longsoran berupa pecahan tembok bata yang sebelumnya dibangun di atas bantaran kali Ciputat jebol, dan masih berada di dalam kali sehingga aliran kali itu tersumbat.

"Alat pengangkutnya kecil sehingga tak kuat mengangkut pecahan tembok di kali Ciputat. Pecahan tembok di dalam kali itulah yang membuat PPM jadi kebanjiran. Kalau sebelumnya banjir datang karena luapan air lewat tanggul atau jebolnya tanggul di sekeliling perumahan PPM , kali ini banjir akibat jebolnya bangunan tembok perumahan Nerada yang dibangun di atas kali," ujarnya.

Heno menambahkan, hasil pertemuan antara perwakilan warga PPM dengan perumahan Nerada yang dihadiri oleh Lurah Cipayung Mahmuddin menyepakati bahwa material longsoran di kali Ciputat akan diambil dengan alat berat yang lebih besar lagi agar kali tidak tersumbat lagi.

"Ini kan hasil pertemuan siang harinya antara PPM, Nerada, Lurah dan Camat Ciputat di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkot Tangsel," jelas Heno lagi. Sebelumnya banjir menggenangi perumahan PPM sejak Minggu (10/2) sore lalu hingga Senin (11/2) siang.

Banjir terjadi karena tembok rumah perumahan Nerada yang dibangun di atas kali Ciputat mendadak longsor sehingga menyumbat sebagian kali Ciputat, yang membuat perumahan PPM kebanjiran. Kali Ciputat mengalir sebagian mengelilingi perumahan PPM. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.