Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumahan Pondok Payung Mas Kebanjiran Lagi

Kompas.com - 13/02/2013, 09:00 WIB
Suhartono

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com- Longsoran tembok perumahan Nerada yang menyumbat sebagian kali Ciputat, Selasa (12/2/2013) malam masih membuat perumahan Pondok Payung Mas (PPM), Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, kebanjiran lagi.

Akibatnya, sejumlah warga kembali mengungsi meskipun siang harinya rumah baru dibersihkan dari genangan air. Hingga Rabu (13/2/2013) pagi ini, banjir masih menggenangi sebagian warga PPM semata kaki orang dewasa.

Adapun sebagian jalan di perumahan yang sering dilanda banjir tersebut, terlihat masih terendam air hingga 50 sentimeter. Menurut Ketua Keamanan perumahan PPM Heno,  banjir mulai menggenangi rumah warga sejak pukul 20.00 setelah hujan deras mengguyur lagi kawasan tersebut.

Material longsoran berupa pecahan tembok bata yang sebelumnya dibangun di atas bantaran kali Ciputat jebol, dan masih berada di dalam kali sehingga aliran kali itu tersumbat.

"Alat pengangkutnya kecil sehingga tak kuat mengangkut pecahan tembok di kali Ciputat. Pecahan tembok di dalam kali itulah yang membuat PPM jadi kebanjiran. Kalau sebelumnya banjir datang karena luapan air lewat tanggul atau jebolnya tanggul di sekeliling perumahan PPM , kali ini banjir akibat jebolnya bangunan tembok perumahan Nerada yang dibangun di atas kali," ujarnya.

Heno menambahkan, hasil pertemuan antara perwakilan warga PPM dengan perumahan Nerada yang dihadiri oleh Lurah Cipayung Mahmuddin menyepakati bahwa material longsoran di kali Ciputat akan diambil dengan alat berat yang lebih besar lagi agar kali tidak tersumbat lagi.

"Ini kan hasil pertemuan siang harinya antara PPM, Nerada, Lurah dan Camat Ciputat di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkot Tangsel," jelas Heno lagi. Sebelumnya banjir menggenangi perumahan PPM sejak Minggu (10/2) sore lalu hingga Senin (11/2) siang.

Banjir terjadi karena tembok rumah perumahan Nerada yang dibangun di atas kali Ciputat mendadak longsor sehingga menyumbat sebagian kali Ciputat, yang membuat perumahan PPM kebanjiran. Kali Ciputat mengalir sebagian mengelilingi perumahan PPM. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com