Kompas.com - 13/02/2013, 11:19 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir setinggi tiga meter akibat luapan Sungai Ciliwung, melanda Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (13/2/2013). Akibatnya, sebanyak 175 warga terpaksa mengungsi.

Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu mengatakan, air mulai menggenangi permukiman warga pukul 03.00 WIB dan berangsur-angsur meningkat ketinggiannya. Warga yang khawatir air semakin tinggi itu pun langsung mengevakuasikan diri ke dua titik pengungsian.

"Jumlah kepala keluarga yang rumah terendam yaitu 2.899 dengan jumlah jiwa yaitu 7.745. Yang mengungsi ada 175 jiwa saja," ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com Rabu pagi.

Bambang menuturkan, dua titik yang menjadi lokasi pengungsian warga Kampung Pulo, yakni di Kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur di Jalan Jatinegara Barat dan Masjid At-Tawabin. Jumlah tersebut diketahui semakin meningkat. Mereka menempati tempat tersebut seadanya.

Hingga pukul 10.30 WIB, para pengungsi yang ada di dua titik pengungsian itu telah diberikan sarapan pagi berupa roti dan air mineral dari Palang Merah Indonesia. Sejumlah fasilitas bagi pengungsi pun disiapkan untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah pengungsi di sana.

Berdasarkan koordinasi dengan Satkorlak Jatinegara, Bambang memprediksi kondisi banjir masih akan menggenangi permukiman warga hingga sore atau malam hari. Sebab, kondisi cuaca di wilayah Bogor dan Depok, Jawa Barat, diketahui masih tak menentu dan ketinggian air di masing-masing pintu air itu masih tinggi.

"Itu kalau wilayah Bogor tidak hujan lagi. Air di Depok masih cukup tinggi, sementara Pintu Air Manggarai dari yang semulai mencapai 800 cm sudah mulai menyusut," kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.