Kompas.com - 13/02/2013, 15:58 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com - Program E-Ticketing pada perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line akan mulai diberlakukan di lintasan Bogor-Jakarta pada Maret 2013. Ada pun perjalanan KRL Ekonomi masih menggunakan tiket kertas atau konvensional.

"Dalam rangka peningkatan infrastruktur dan sistem otomatisasi kontrol penumpang," kata Manager Komunikasi Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa dalam siaran pers, Rabu (13/3/2013).

Chairunisa mengatakan, untuk tahap pertama, penerapan E-Ticketing hanya berlaku untuk jenis tiket single trip atau tiket satu kali perjalanan. Pada bulan Mei 2013, penerapan E-Ticketing akan diberlakukan jenis tiket multiple trip atau tiket isi ulang dengan menggunakan sistem potong saldo dalam setiap perjalanan.

Dalam penerapan E-Ticketing, tambah dia, pihaknya memasang 307 perangkat pintu elektronik untuk pintu masuk dan keluar serta 270 perangkat otomatis sistem pada loket di 60 stasiun Jabodetabek. Jumlah itu akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan.

"Kami mengharapkan kerjasama dari seluruh stakeholder, khususnya pengguna jasa KRL agar program E-Ticketing dapat berjalan dengan lancar. Penerapan E-Ticketing sepenuhnya dilakukan untuk peningkatan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa KRL," kata Chairunisa.

Program E-Ticketing dijalankan melalui kerjasama dengan PT Telkom. Nantinya, PT Telkom akan melakukan pengoperasian dan pemeliharaan sistem E-Ticketing melalui hardware, sofware, dan infrastruktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.