Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret, E-Ticketing KRL Commuter Line Jalan

Kompas.com - 13/02/2013, 15:58 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Program E-Ticketing pada perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line akan mulai diberlakukan di lintasan Bogor-Jakarta pada Maret 2013. Ada pun perjalanan KRL Ekonomi masih menggunakan tiket kertas atau konvensional.

"Dalam rangka peningkatan infrastruktur dan sistem otomatisasi kontrol penumpang," kata Manager Komunikasi Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa dalam siaran pers, Rabu (13/3/2013).

Chairunisa mengatakan, untuk tahap pertama, penerapan E-Ticketing hanya berlaku untuk jenis tiket single trip atau tiket satu kali perjalanan. Pada bulan Mei 2013, penerapan E-Ticketing akan diberlakukan jenis tiket multiple trip atau tiket isi ulang dengan menggunakan sistem potong saldo dalam setiap perjalanan.

Dalam penerapan E-Ticketing, tambah dia, pihaknya memasang 307 perangkat pintu elektronik untuk pintu masuk dan keluar serta 270 perangkat otomatis sistem pada loket di 60 stasiun Jabodetabek. Jumlah itu akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan.

"Kami mengharapkan kerjasama dari seluruh stakeholder, khususnya pengguna jasa KRL agar program E-Ticketing dapat berjalan dengan lancar. Penerapan E-Ticketing sepenuhnya dilakukan untuk peningkatan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa KRL," kata Chairunisa.

Program E-Ticketing dijalankan melalui kerjasama dengan PT Telkom. Nantinya, PT Telkom akan melakukan pengoperasian dan pemeliharaan sistem E-Ticketing melalui hardware, sofware, dan infrastruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com