Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: "Waterway" untuk Alternatif

Kompas.com - 13/02/2013, 19:48 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memandang moda transportasi air di Jakarta harus dikembangkan. Dia ingin waterway yang akan diluncurkan pada 14 Februari 2013 besok sebagai moda transportasi alternatif. Selain transportasi massal yang beroperasi di darat, sekaligus untuk mengurangi volume kendaraan.

"Karena menurut saya, itu sesuatu yang harus dikembangkan untuk memberi sebuah alternatif transportasi massal. Besok di-launching, dan saya ikut," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan bahwa peningkatan alternatif transportasi air tersebut untuk mendukung transportasi warga korban banjir Muara Baru ke Marunda. Untuk awal, Pemprov DKI telah menyiapkan dua kapal transportasi laut.

Kapal tersebut merupakan sejenis kapal kerapu dengan kapasitas 30 orang. Kapal itu dapat mempermudah warga yang mayoritas bekerja di Muara Baru. Sejauh ini, kata dia, laut yang berada pinggiran pantai dari Marunda ke Muara Baru sudah bersih. Selain akses menuju Muara Baru, nantinya warga Marunda juga bisa ke Muara Angke maupun berbelok menuju Ancol.  

Untuk sementara waktu, baru ada dua unit kapal yang disiapkan guna melayani rute Marunda ke Muara Baru. Nantinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyiapkan empat kapal lagi. Keberadaan empat kapal tersebut akan digunakan sebagai moda transportasi dari Duren Sawit menuju Marunda, Ancol menuju Muara Baru, dan Muara Baru menuju Muara Angke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com