Kompas.com - 14/02/2013, 10:05 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Adanya sistem tiket elektronik semakin mempermudah integrasi moda transportasi di Jakarta, seperti integrasi layanan KRL commuter line Jabodetabek dengan bus transjakarta.

"Jadi, dengan adanya tiket elektronik, ini memudahkan jika nantinya pemerintah menginstruksikan integrasi antarmoda. Pihak KRL sudah siap untuk mendukung," kata Humas PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Eva Chairunnisa, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (14/2/2013).

Namun, kata Eva, hingga saat ini, belum ada pembahasan intensif antara KRL commuter line Jabodetabek dengan BLU Transjakarta terkait penerapan sistem integrasi moda transportasi.

"Pembicaraan sudah pernah seperti kalau ada acara KP4, itu semua pihak kan diundang, namun belum sampai jauh," tutur Eva.

PT KCJ sebelumnya telah mengumumkan bahwa terhitung mulai awal Maret 2013, sistem tiket elektronik akan mulai diterapkan pada pelayanan KRL commuter line. Untuk tahap awal, penerapan tiket elektronik baru akan melayani rute Bogor-Jakarta Kota maupun sebaliknya.

PT KCJ menargetkan pada awal Mei sistem tiket elektronik sudah dapat diterapkan di seluruh rute commuter line di Jabodetabek. Namun, tiket elektronik hanya berlaku untuk KRL commuter line, sementara KRL ekonomi tetap menggunakan tiket kertas.

Dalam sistem tiket elektronik ini, PT KCJ menggandeng PT Telkom untuk pengoperasian dan pemeliharaan sistem tersebut. Sementara BLU Transjakarta telah menerapkan tiket elektronik sejak 22 Januari 2013 yang lalu dengan tahap awal melayani koridor I (Blok M-Kota).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BLU Transjakarta menargetkan 3-4 bulan ke depan seluruh koridor transjakarta akan menggunakan sistem tiket elektronik. Untuk sistem tiket elektronik transjakarta, pihak BLU Transjakarta mengadakan kerja sama dengan lima bank, yakni BNI 46, BRI, Mandiri, BCA, dan Bank DKI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.