Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roman Cinta Iriana Kepincut Kumis Jokowi

Kompas.com - 14/02/2013, 11:14 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — "Cinta pada pandangan pertama". Begitulah Iriana Widodo mengibaratkan awal cintanya yang terpikat karena kumis Joko Widodo, suami yang kini sudah mendampinginya selama 26 tahun.

Iriana yang terkenal ramah, hangat, dan selalu ceria, dengan malu-malu menceritakan awal pertemuannya dengan Jokowi yang bermula di pinggiran Kali Anyar, Solo. "Ketemu di Solo, di pinggir kali, langsung cinta," kata Iriana kepada Kompas.com, Kamis (14/2/2013).

Saat itu, kenang Iriana, dirinya duduk di kelas 2 SMA 3 Solo, sementara Jokowi mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. "Romannya ndeso deh, ada kali, sawah, ladang, pekarangan," kata Iriana tersipu-sipu.

Awal pertemuan, kata Iriana, layaknya seorang anak Fakultas Kehutanan UGM, Jokowi berambut gondrong seperti teman-teman satu almamaternya. Namun, rambut gondrong Jokowi tak membuat Iriana takut, justru menerima cinta Jokowi.

"Tapi, yang bener-bener bikin jatuh cinta ya kumisnya itu lho, nyelekuntir. Jadi, ketemu makjebrus langsung jatuh cinta deh," kata Iriana dengan ramahnya seraya tertawa.

Walaupun saat itu Jokowi lebih banyak menghabiskan waktunya kuliah di Jogja dan Iriana sekolah di Solo, Solo tetap dijadikan tempat favorit mereka memadu kasih. Namun, Iriana enggan memberi tahu di mana tempat favorit mereka menghabiskan waktu bersama di Solo. Iriana juga enggan menyebutkan kapan tanggal "jadian" bersama Jokowi.

"Hahahahaa... Kasih tahu enggak ya? Rahasia pokoknya," kata Iriana. 

Selain kumisnya, pribadi Jokowi yang sederhana dan pintar membuat Iriana jatuh cinta kepada Jokowi.

"Hahaha.. Hadeh saya enggak pakai tanggal-tanggalan, Mbak. Pokoknya sosok bapak yang sederhana, cerdas, dan pintar membuat saya makin cinta," kata Iriana.

Semakin mengenal Jokowi, Iriana mengaku semakin cinta kepadanya. Rasa cinta itu pun berlanjut sampai Iriana melanjutkan kuliah dan Jokowi yang menjadi pengusaha mebel.

Akhirnya, cinta keduanya disatukan di Solo pada 24 Desember 1986. Kebahagiaan mereka pun makin sempurna dengan kehadiran tiga buah hati mereka, yaitu Gibran Rakabumi, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangerap. Hingga 26 tahun, cinta mereka tetap sama seperti kala pertama kali jatuh cinta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com