Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Jokowi Lewati Hari Valentine

Kompas.com - 15/02/2013, 09:08 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Valentine atau hari yang menjadi simbol kasih sayang selalu dilewati sebagian orang dengan persiapan khusus dan cara-cara spesial. Tak terkecuali dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi. Entah disengaja atau tidak, mantan Wali Kota Surakarta ini seakan memberi kado spesial untuk masyarakat dan Kota Jakarta pada 14 Februari, kemarin.

Pada pagi hari, Jokowi kedatangan tamu puluhan pemuda dari Tunas Indonesia Raya (Tidar). Bersama wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama, Jokowi mendapat penghargaan sebagai pejabat jujur karena dinilai bersih dan transparan dalam bekerja. Penghargaan diberikan secara simbolis dengan penyematan pin "Aku Cinta Pejabat Jujur", di Balaikota Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Setelah selesai melakukan ramah tamah dengan para pengurus Tidar, Jokowi meluncur ke arah Kota Tua, Jakarta Barat. Kendati hujan turun cukup deras, dia tetap melangsungkan seremoni peresmian jalur busway di Koridor XII dan waterway di selter busway Museum Fatahillah. Sedikitnya, 36 unit bus transjakarta akan beroperasi di Koridor XII yang melintang sepanjang 23,7 kilometer dan memiliki 13 selter dari Pluit-Tanjung Priok. Waterway adalah moda transportasi air yang menghubungkan Marunda ke Muara Baru, Jakarta Utara.

Tak puas dengan acara seremonial, suami dari Iriana ini langsung menjajal Koridor XII tersebut. Setelah membeli selembar tiket, Jokowi langsung menaiki bus transjakarta dari selter Museum Fatahillah sampai selter Tanjung Priok. Di sepanjang perjalanan, dia banyak berbincang dengan sejumlah wartawan sambil memperhatikan kondisi lalu lintas, sampah, dan aliran sungai yang dilewati.

Dari Tanjung Priok, Jokowi menuju sebuah restoran di kawasan Kelapa Gading untuk beristirahat sejenak sambil menikmati makan siang. Perjalanan dari Priok ke Kelapa Gading ia tempuh dengan menaiki bus kopaja AC yang telah disediakan sebelumnya. Dari situ, pria berperawakan jangkung ini langsung balik kanan menuju tempat kerjanya di Balaikota Jakarta.

Di sana, ia melantik 20 pejabat baru eselon II dari berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Sekitar pukul 14.00 WIB, acara pelantikan dimulai. Upacara pelantikan dan pembacaan sumpah jabatan langsung dipimpin oleh Jokowi. Sebanyak 20 pejabat eselon II yang dilantik adalah mereka yang dirotasi, dimutasi, dan dipromosikan ke tempat yang baru.

Semua dilakukan berdasarkan kebutuhan dan penilaian yang dilakukan Jokowi sekitar empat bulan ini. Ia menjelaskan bahwa rotasi 20 pejabat eselon II di Pemprov DKI untuk menciptakan ritme kerja yang optimal. Jika enam bulan tidak ada perubahan, dia tidak sungkan kembali melakukan rotasi.

"Saya juga sampaikan, kalau enam bulan enggak ada perubahan, ya maaf, (mereka harus) siap saya ganti. Kan enak kalau ada perjanjian seperti itu," kata Jokowi seusai melantik 20 pejabat baru Pemprov DKI.

Menurut Jokowi, ekspektasi masyarakat sangat besar kepada Pemprov DKI. Untuk menjawab itu, dia menilai perlu mengerahkan semua potensi dan sumber daya yang terdapat di jajaran Pemprov DKI. Di hari kasih sayang, dengan tegas, Jokowi meminta seluruh bawahannya, khususnya pejabat yang baru dilantik, untuk total dalam bekerja. Jokowi juga mengingatkan bahwa semua pemimpin wilayah harus turun ke lapangan dan memiliki target jelas dalam bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com